Inilah Penyakit Mengerikan yang Kerap Mengintai Kaum Wanita

penyakit wanita
Ilustrasi penyakit lupus

Terkini.id – Jumlah penderitanya memang tidak terlalu banyak, tetapi penyakit ini sangat berbahaya karena mematikan, setara dengan kanker. Lupus adalah penyakit sistem imunitas, dimana jaringan dalam tubuh dianggap sebagai benda asing.

Reaksi sistem imunitas ini bisa mengenai berbagai sistem organ tubuh seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, sistem kardiovaskuler, paru-paru, lapisan pada paru-paru, lapisan pada paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, pembuluh darah dan sel-sel darah.

Umum Diderita Wanita

Penyakit ini dapat mengenai semua masyarakat, 1-5 orang di antara 100.000 penduduk. Sifatnya genetik. Wanita lebih sering menderita penyakit ini, yaitu 6-10 kali daripada pria, terutama pada usia 15-40 tahun.

Bangsa Afrika dan Asia lebih rentan dibandingkan kulit putih. Tetapi sebenarnya penyakit Lupus justru kebanyakan diderita wanita usia produktif sampai 50 tahun, sekalipun ada juga pria yang mengalaminya. Oleh karena itu diduga penyakit ini berhubungan dengan hormone estrogen.

Penyakit Lupus
Gejala penyakit Lupus

Lupus dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”. Istilah ini dikenal sekitar seabad lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira memiliki kelainan kulit seperti kemerahan di sekitar hidung dan pipi.

Lupus tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga menyerang hampir seluruh organ yang ada dalam tubuh. Penyakit Lupus adalah kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS.

Tubuh penderita menjadi overacting terhadap rangsangan dari sesuatu yang asing dan membuat terlalu banyak antibodi atau semacam protein yang malah ditujukan untuk melawan jaringan tubuh sendiri.

Itu sebabnya Lupus juga di sebut penyakit dengan kekebalan tubuh berlebihan.

Penyebab dan Gejala Lupus

Tubuh penderita Lupus kadang menjadi alergi pada dirinya sendiri dan umumnya mereka memiliki  butterfly rash atau ruam merah berbentuk kupu-kupu di pipi.

Umumnya munculnya Lupus disebabkan oleh faktor lingkungan, infeksi, stres, penggunaan obat-obat tertentu, dan paparan sinar matahari. Pada sebagian besar kasus, penyakit lupus tidak lepas dari latar belakang riwayat keluarga yang pernah terkena sebelumnya. Tetapi pada sebagian kasus lain, tidak ada penyebab yang jelas untuk penyakit ini.

Lupus bukanlah penyakit menular. Karena sebagian besar penderitanya adalah wanita, maka lupus dianggap sebagai penyakit wanita.

Penyakit Lupus
Penyakit Lupus

Gejala penyakit ini sendiri sangat bervariasi. Pada sejumlah penderita, gejalanya bisa berbeda-beda. Itu sebabnya seseorang yang menderita penyakit lupus seringkali sulit mendeteksi penyakit ini. Adapun gejala yang umum adalah:

  • Munculnya bercak merah pada hidung dan kedua pipi membentuk seperti kupu-kupu (butterfly rash). Bercak bisa juga terjadi pada seluruh tubuh.
  • Rasa lelah yang berlebihan.
  • Rasa nyeri pada bagian persendian.
  • Anemia yang parah.
  • Nafas susah dan berat.
  • Sensitif pada cahaya.

Untuk mencegah Lupus datang menghampiri, sebaiknya hindari stres, terapkan pola hidup sehat, kurangi kontak langsung berlebihan dengan sinar matahari, berhenti merokok, lakukan olahraga teratur dan diet nutrisi.

Penderita penyakit lupus juga dapat memeriksakan dari pada dokter spesialis rheumatology.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Health

Tips Aman Mudik Lebaran Bersama Lansia

Terkini.id, - Lebaran sebentar lagi, waktu untuk mudik lebaran menjadi sesuatu yang ditunggu bagi mereka yang merantau dan bekerja di perkotaan. Kembali ke kampung
Health

Makanan Sehat dan Suplemen Pembentuk Otot

Terkini.id, - Banyak orang mengikuti fitness untuk membentuk otot, selain sebagai olahraga kebugaran. Selain fitness ditunjang juga dengan suplemen pembentuk otot yang diharuskan dikonsumsi.Suplemen