Innalillahi, Kepala Puskesmas di Gowa Meninggal Dunia karena Covid-19

Terkini.id, Gowa – Innalillahi, kabar duka kembali menyelimuti tenaga medis tanah air. Pasalnya Kepala Puskesmas Tonrorita, Kecamatan Biringbulu, H. Saidi menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Labuang Baji, Kota Makassar, Kamis 4 Juni 2020 pagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Hasanuddin mengatakan, meninggalnya salah seorang tenaga medis di Kabupaten Gowa ini akibat terpapar virus corona atau Covid-19.

“Hari Kamis 28 Mei 2020 atau satu minggu lalu, almarhum menjalani tes swab dan hasilnya positif,” ujar Hasanuddin dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Upaya Dinas Lingkungan Hidup Minimalisir Permasalahan Lingkungan di Gowa

Lanjutnya, setelah hasil swab yang diterima, almarhum langsung dijemput di kediamannya untuk menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Syekh Yusuf kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Labuang Baji Makassar dan menjalani perawatan selama lima hari sebelum akhirnya meninggal dunia.

“Sebelum dilakukan tes swab almarhum mengalami demam dan mengeluhkan sesak napas. Karena curiga, makanya dia minta diswab,” ujarnya.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Mengaku Takjub dengan Pesona Wisata Kabupaten Gowa

Selain itu, berdasarkan hasil pemeriksaan almarhum juga diketahui memiliki penyakit gula. Sehingga kondisi ini menjadi penyebab percepatan penularan virus.

Dalam menjalankan aktivitasnya sebagai seorang kepala puskesmas di salah satu wilayah daerah dataran tinggi di Kabupaten Gowa ini. H. Saidi dikenal sebagai pribadi yang baik saat menjalankan tugas.

Misalnya, dirinya tidak pernah mengeluh dan menolak seluruh pekerjaan yang diperintahkan.

Baca Juga: Buka Raker, Bupati Adnan Harap Gerakan Pramuka Terus Mencetak Pemimpin...

“Mewakili tenaga medis yang ada di Kabupaten Gowa, saya menyampaikan turut berdukacita dan kehilangan yang sangat mendalam. Semoga keluarga dan kerabat yang ditinggalkan dapat ikhlas,” ungkap dr. Hasanuddin.

Ia pun berharap, kedepan seluruh tenaga medis dapat terus memperhatikan protokol kesehatan saat bertugas.

“Saya berharap semua petugas tetap melakukan standarisasi pelayan dengan menggunakan APD dan menggunakan protokol kesehatan harus diperhatikan saat bekerja,” harapnya.

Selain sebagai Kepala Puskesmas Tonrorita, almarhum juga sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Puskesmas Lauwa Kecamatan Biringbulu Tahun 2011 hingga 2014.

Bagikan