Intip, 5 Makanan Ini Mengenyangkan dan Baik untuk Diet

Pisang Kepok
Pisang Kepok

Terkini.id, – Menjalankan program diet untuk turunkan berat badan bagi sebagian orang sering merasa kesulitan menahan nafsu lapar ketika lagi makan. Mengingat asupan kalori yang kita makan akan memengaruhi program diet yang dijalankan. Sehingga perlu memperhatikan dan mengatur pola makan harian kita.

Diet sering diartikan dengan mengurangi makan dari biasanya, terutama untuk makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, mie, dan roti.

Namun upaya mengurangi asupan makanan secara tiba-tiba dalam jumlah yang drastis dapat membuat kita kelaparan. Jka rasa lapar tersebut dibiarkan akan membuat kita malah makan lebih banyak untuk mengatasi rasa lapar tersebut dan pada akhirnya membuat program diet menjadi gagal.

Ada cara yang lebih efektif untuk mengatasi rasa lapar dengan cara mengonsumsi makanan terutama saat sarapan pagi yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Berikut ada 5 makanan yang bisa kita konsumsi dan terapkan dalam program diet, seperti yang dituturkan oleh dokter spesialis gizi klinik dari Primaya Hospital Makassar, dr Andi Faradilah Sp.GK melansir dari Kompas.com.

Menarik untuk Anda:

1. Pisang Kepok

Pisang kepok dianggap dapat membantu tubuh kenyang lebih lama karena kandungan serat yang tinggi berkisar 5,7 gram per 100 gram takarannya. Selain itu pisang kepok mengandung pati yang tinggi. Untuk mengonsumsinya sebaiknya tidak digoreng karena akan berbeda kalorinya dibandingkan memakannya langsung.

2. Buah Naga

Buah naga merah direkomendasikan bagi Anda yang sedang melakukan program diet karena buah ini mengandung serat yang cukup tinggi sehingga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Kandungan antioksidan dalam buah naga juga baik untuk tubuh.

3. Bawang Bombay

Disarankan mengonsumsinya dalam keadaan mentah karena bawang bombai mengandung serat tinggi sehingga membantu menahan rasa lapar lebih lama.

4. Tempe Gembus

Tempe Gembus

Tempe yang dibuat dari ampas tahu merupakan salah satu bahan makanan yang tinggi seratnya, dalam 100 gram mengandung 5,3 gram kandungan serat. Karena kandungan serat yang tinggi sehingga sangat efektif untuk dikonsumsi bagi yang berdiet karena membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

5. Bayam dan Sayuran Hijau Tua Lainnya

Sayuran hijau tua seperti bayam, daun singkong, mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi dibandingkan sayur lain. Mengonsumsinya sebagai asupan harian sangat baik karena memberi rasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi bayam yang baik dikukus, daun singkongnya direbus.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Bikin Virtual Meet Up Jadi Makin Seru #KenapaNggak

Tips Mengatasi Anak Remaja Suka Melawan Orang Tua

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar