IPANI Sulsel Lakukan Aksi Kemanusiaan di Mamuju Sulbar

Terkini.id, Majene – Pasca bencana gempa bumi yang menimpa Sulawesi Barat (Sulbar), Ikatan Perawat Anak Indonesia atau IPANI Provinsi Sulawesi Selatan yang diketuai oleh Dr. Kadek Ayu Erika, S.Kep, NS, M.Kes mendelegasikan Tim Pengabdian Masyarakat untuk turun melakukan Child Savior di lokasi bencana, Rabu 27 Januari 2021.

Fokus aksi tersebut dititikberatkan pada anak-anak yang terdampak bencana. Dalam kegiatan itu, IPANI mendistrubusikan perlengkapan bayi dan anak, mulai dari susu, popok, dot bayi, baby oil, beras, minyak goreng dan cemilan-cemilan untuk anak-anak.

Saat tim pengabdian masyarakat turun ke lapangan ada dongeng dari Muliadi salah satu anggota IPANI yang akrab disapa Kak Mull. Namun ada yang berbeda dari sebelumnya kak Mull melakukan street storytelling.

“Kali ini lumayan sulit untuk beraksi karena saat adik-adik antusias mendengar cerita hingga susah untuk mengatur jarak mereka,” ungkap Mull.

Mungkin Anda menyukai ini:

“Kami tidak dapat membendung mereka. Bahkan saya sempat sesak nafas bercerita dengan memakai masker. Yang keesokan harinya saya harus mempersiapkan segala hal. Street Bercerita lebih sulit dari apa yang saya pikirkan sebelumnya,”
tambahnya.

Baca Juga: IKA Magister Ilmu Biomedik Pascasarjana Unhas Bantu Korban Gempa Sulbar,...

Selain kegiatan mendongeng, street educations juga diberikan kepada ibu-ibu tentang gizi anak dan psikologi anak. Hal itu dilakukan saat berkunjung ke tenda-tenda pengungsian.

“Beberapa anggota kami terpaksa harus tertunda turun kelapangan dikarenakan rapid reaktif dan harus menjalani isolasi mandiri. Kami yang turun ini benar melakukan Rapid tes. Kami tidak ingin mengambil risiko. Kita harus mengikuti protokol kesehatan meskipun dalam keadaan darurat seperti ini,” ujar Koordinator Lapangan, Nour Sriyanah.,S. Kep.,Ns.,M. Kep.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada teman-teman sejawat yang bersedia menjadi donatur untuknkegiatan kemanusiaan ini,” sambungnya.

Baca Juga: Gubernur Sulbar Apresiasi Bantuan Logistik Sekolah Pascasarjana Unhas Untuk Korban...

Pihaknya juga berterima kasih kepada Ketua DPD PPNI Mamuju Tengah, Muasser Gunawan yang bersedia menampung pihaknya di sebuah villa di yang berlokasi tak jauh dari rumah jabatan Bupati Mamuju.

“Tempat yang membuat para relawan dan pengungsi mengurangi lelah karena keindahan pemandangan alam di sana. Selain itu Pak Muasser yang akrab disapa Wawan sangat bersedia untuk menampung para relawan untuk membuat posko relawan,” ungkap Nour.

Pada kesempatan itu, IPANI juga  berkunjung ke posko DPW PPNI, ke rumah jabatan Gubernur Sulawesi Barat dan sempat berdiskusi singkat dengan gubernur.

Bagikan