Jadikan Parepare Kiblat Olahraga, TP Bakal Sulap Sejumlah Titik Jadi Sport City

Wlaikota Parepare membakan sambutan pada Pengukuhan Pengurus Cabang Pelti Parepare

Terkini.id, Parepare – Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe ingin mengangkat kejayaan olahraga Provinsi Sulawesi Selatan dimulai dari Kota Parepare. Parepare menjadi kiblat olahraga Sulsel.

Hal itu dibuktikan dengan segera menyulap kawasan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Parepare, menjadi Sport City BJ Habibie.

Nama BJ Habibie diambil karena Presiden ke-3 RI, putra Parepare itu, adalah ikon identitas kota dan inspirasi Parepare dalam membangun.

Hal ini diungkap Wali Kota Taufan Pawe di hadapan Ketua Pengprov Pelti Sulsel HM Amin Syam di sela pengukuhan pengurus Pelti Parepare di Auditorium BJ Habibie, Komplek Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Minggu, 26 Januari 2020.

“Kawasan Lompoe itu, saya akan sulap jadi Sport City BJ Habibie. Kita akan jadikan Parepare kiblat olahraga di Sulawesi Selatan. Jadikan sport tourism,” ungkap Taufan Pawe.

Taufan mengemukakan, di kawasan Lompoe saat ini sudah dibangun Gedung Olahraga (GOR) representatif berkapasitas 5000 orang. Yang akan diresmikan tepat pada HUT Parepare, Februari 2020.

Di depan GOR, rencananya akan dibangun lapangan tenis. Di kawasan itu juga, ada Stadion Gelora Mandiri yang segera berubah nama menjadi Stadion Gelora BJ Habibie (GBH).

“Kita akan rehab Stadion Gelora Mandiri agar lapangannya jadi berkualitas. Fasilitas memadai. Bahkan Pak Hamka (Kepala Disporapar, red) dengan tim manajer PSSI sudah turun meninjau Stadion Gelora Mandiri. Insya Allah akan menjadi home base PSM,” beber Taufan.

Tidak hanya PSM yang melirik Parepare, Rully Habibie, ponakan BJ Habibie juga tengah menjajaki pelaksanaan turnamen sepak bola Habibie Cup U-19 berskala internasional di Parepare.

“Pak Rully Habibie sudah presentasikan itu. Rencananya akan mengundang tim dari luar negeri, Brunai Darussalam, Thailand, Malaysia, Singapura. Saya pikir itu bagus, dan kita siap,” imbuh Taufan.

Hal lain yang diungkap Taufan di hadapan Amin Syam, mantan Gubernur Sulsel itu, adalah hadirnya rumah sakit regional pertama di luar Makassar, di Parepare yakni RS dr Hasri Ainun Habibie (HAH).

RS dr HAH berkonsep medical tourism atau berobat sambil berwisata. RS dr HAH rencananya diresmikan pada HUT Parepare.

“Intinya pak Jenderal Purnawirawan HM Amin Syam, pilar penyangga visi misi Parepare itu salah satunya adalah pariwisata. Pariwisata itu adalah olahraga. Dan Parepare menuju peradaban lebih modern. Punya identitas kota ulama dan kota santri, tapi harus lebih modern. Serta identitas kuat lagi adalah BJ Habibie,” tandas wali kota dua periode ini.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Taufan Pawe Bilang Setiap Kebijakan Pemerintah Pusat Kami Pasti Akomodir

Begini Cara DLH Parepare Sikapi Aduan Warga

TP Bersama Forkopimda Parepare Pantau Pengalihan Arus di Perbatasan

THR dan Gaji 13 Tengah Dikaji di Tengah Pandemi Corona, Berikut Tanggapan Taufan Pawe

RSUD Andi Makkasau Parepare Ditunjuk Laksanakan TCM Covid-19, Hanya Tiga di Sulsel

Pemkot Parepare Bakal Lakukan Penambahan Box Disinfektan di Pasar Lakessi

Wali Kota Taufan Anggap Pasar Butuh Perhatian Lebih Cegah Corona

Walikota Taufan Pawe dan Forkompinda Berbagi Masker di Pasar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar