Jaga Kualitas Udara, Anies Beri PR Dishub DKI Jakarta

(Foto: Finroll.com)

Terkini.id, Jakarta – Kualitas udara adalah masalah penting yang harus senantiasa diperhatikan oleh pemerintah kota, tak terkecuali Jakarta sebagai kota dengan kualitas udara paling berbahaya.

Menanggapi hal tersebut, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta memberikan sejumlah Pekerjaan Rumah (PR) kepada Dinas Perhubungan (Dishub) melalui Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara yang disahkan di Jakarta, Kamis, 1 Agustus 2019.

Perluasan daerah ganjil-genap, penetapan usia kendaraan bermotor milik pribadi dan peremajaan angkutan umum merupakan sejumlah PR bagi Dishub DKI Jakarta.

Sebanyak 10.047 unit bus baik kecil, sedang, maupun besar sebagai angkutan umum, perlu peremajaan melalui program Jak Lingko. Hal itu berdasarkan Ingub 66/2019.

“Memastikan tidak ada angkutan umum yang berusia di atas sepuluh tahun dan tidak lulus uji emisi beroperasi di jalan,” kata Anies dalam salah satu poin instruksinya kepada Dishub DKI Jakarta seperti dilangsir dari antaranews.com, Jumat, 2 Agustus 2019.

“Menyelesaikan peremajaan seluruh angkutan umum melalui program Jak Lingko pada tahun 2020,” sambungnya.

Selain itu, untuk mengontrol kualitas udara Jakarta maka kawasan ganjil-genap akan diperluas untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Anies Baswedan juga meminta Kepala Dishub DKI Jakarta agar menyiapkan pembatasan usia bagi kendaraan baik angkutan umum maupun pribadi tidak lebih di atas sepuluh tahun.

Berita Terkait
Komentar
Terkini