Jalan Lingkungan Minim Perhatian di Makassar, Abdi Asmara: Banyak Beralaskan Tanah dan Bebatuan

Terkini.id, Makassar – Di tengah meningkatnya pembangunan infrastruktur di daerah perkotaan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Makassar berencana mendorong pembangunan di kawasan lingkungan.

Pasalnya, saat ini, pembangunan infrastruktur kerap hanya berfokus di kawasan perkotaan saja. Jalan lingkungan minim perhatian dari Pemerintah Kota Makassar.

Ketua Komisi C DPRD Makassar, Abdi Asmara mengatakan jalan lingkungan perlu mendapat perhatian khusus. Ia mengatakan banyak permukiman warga yang jalannya masih beralaskan tanah dan bebatuan. 

“Jangan kita hanya fokus pada pengembangan infrastruktur di kota lantas melupakan infrastruktur masyarakat kita di lingkungannya. Mereka juga berhak merasakan pembangunan,” kata Abdi, Kamis, 21 Januari 2021.

Mungkin Anda menyukai ini:

Sekertaris DPD Partai Demokrat Makassar itu mengatakan infrastruktur permukiman tidak dapat langsung dikerjakan secara penuh, namun dirinya mengaku akan mengawasi langsung program tersebut. Bahkan, kata Abdi, program ini telah dianggarkan. 

Baca Juga: Dinilai Darurat, Dewan Minta Rekrutmen Tenaga Kontrak Damkar Dibuka Secepatnya

“Tinggal Dinas PU Kota Makassar membuat skala prioritas yang terencana dan transparan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) Makassar, Fuad Azis menyebutkan untuk tahun 2020. Total Rp 60,2 miliar paket perbaikan jalan yang bersumber dari DID dan APBD. Sementara jalan-jalan lingkungan hanya dianggarkan Rp2,6 miliar.

“Untuk tahun ini kami berharap bisa mempercepat berkas pengadaan. Khsusnya pengerjaan proyek yang menggunakan anggaran besar,” terangnya

Baca Juga: DPRD Makassar Agendakan Bahas Kembali Ranperda Covid-19

Fuad mengatakan ada beberapa jalan lingkungan yang masuk program. Namun, kata dia, tidak sempat dijalankan lantaran waktunya yang mepet. 

“Tahun ini diharapkan bisa dijalankan dengan cepat,” pungkasnya.

Bagikan