Masuk

Jalin Kerjasama Dengan LPPM IPB, Polbangtan Kementan Jadikan Dosen Sebagai Peneliti Bersertifikasi Internasional

Komentar

Terkini.Id, Makassar – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo selalu menekankan pentingnya para dosen kampus vokasi dibawah kementerian pertanian untuk terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri.

Menurut Mentan, SDM pertanian yang andal berkualitas, profesional, dan berdaya saing menjadi faktor penting pembangunan pertanian di Indonesia.

“Karena keberhasilan pembangunan pertanian terletak pada kekuatan SDM pertanian yang berkualitas, handal, profesional serta berdaya saing,” ujar Syahrul.

Baca Juga: Sinergitas, Kunci Sukses Program Pengembangan Wirausaha Muda Pertanian di Sulawesi Selatan

Hal senada dikatakan juga oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi. Menurutnya, SDM pertanian mulai dari petani, penyuluh tak terkecuali dosen dan tenaga pendidik harus terus menambah ilmu, menambah pengalaman, meningkatkan kapasitas sehingga bisa menjadi manusia yang handal dan profesional.

“Dosen merupakan pendidik profesional yang memiliki tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat”, kata Dedi.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa sebagai salah satu kampus vokasi di bawah Kementerian Pertanian terus berusaha mengembangkan kualitasnya. Berbagai upaya dilakukan untuk menyiapkan sumber daya manusia bidang pertanian yang tangguh dan mampu bersaing dengan kondisi global untuk mendukung pembangunan pertanian di Indonesia.

Baca Juga: Fokus Pada Regenerasi Petani, Kementan Maksimalkan Program Pengembangan Wirausaha Muda Pertanian

Polbangtan Gowa dituntut untuk dapat menghasilkan inovasi yang dapat membantu solusi permasalahan petani dan memberikan kemanfaatan sosial ekonomi bagi masyarakat secara luas. Salah satu upaya yang dilakukan dalam menciptakan inovasi baru adalah melaksanakan penelitian-penelitian yang bermutu dan mampu diterapkan oleh masyarakat luas.

Untuk menghasilkan peneliti yang bermutu bertaraf Internasional, Polbangtan Gowa bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University menggelar Workshop dan Sertifikasi Internasional Metodologi Penelitian Terapan.

Workshop tersebut dihadiri oleh seluruh Dosen dan PLP Polbangtan Gowa selama tiga hari mulai 28-30/November 2022 di Hotel Ibis Style Ratulangi Makassar.

Syaifuddin selaku Direktur Polbangtan Gowa saat membuka kegiatan ini, menyampaikan bahwa seorang dosen harus memulai langkahnya dari riset.