Masuk

Jangan Lewatkan Amalan Sunnah di Hari Jum’at

Komentar

Terkini.id, Makassar – Hari Jum’at adalah hari mulia dalam agama Islam. Di hari Jum’at muslim laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan ibadah shalat Jum’at di Masjid.

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagi jika kamu mengetahui.
Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah bakyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al Jumu’ah: 9-10).

Di hari Jum’at, selain kewajiban bagi laki-laki untuk menjalankan shalat jumat, ada amalan -amalan sunnah yang dilakukan sebelum menunaikan ibadah shalat jumat karena akan mendapatkan pahala jika melakukannya.

Baca Juga: Modus Penipuan di Makassar: Pura-pura Mau Bantu Masjid Ujung-ujungnya Minta Transfer, Pengurus Masjid Harus Waspada

Ada banyak sunnah yang bisa kita lakukan di hari jumat, mulai dari persiapan shalat Jum’at sampai ketika kita melaksanakan shalat Jum’at.

Berikut beberapa amalan sunnah di hari Jum’at.

1. Membaca Surat Al-Al-Kahfi

Baca Juga: Pendeta Saifuddin Larang Orang Masuk Kristen: Banyak Penipu dan Penjahat!

Membaca Surat Al-Kahfi merupakan amalan yang sangat luar biasa yang bisa dilakukan ketika hari tersebut sudah tiba, mulai dari malam dihari Kamis ketika magrib sudah masuk.

Amalan ini merupakan amalan yang jika kita lakukan maka dari Jum’at saru ke jumat lainnya akan disinari cahaya, seperti yang diriwayatkan dalam hadits dari Abu Sa’id Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Nabi SAW bersabda, Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya diantara dua Jum’at. “(HR.Hakim dalam Al-Al-Mustadrok).

2. Memperbanyak Dzikir

Dzikir adalah mengingat Allah, dan kita diperintahkan di hari Jum’at untuk bnyak-banyak mengingat Allah dengan berdzikir kepadanya.

Baca Juga: Terduga Pelaku Pengeroyokan Ade Armando: Orang Tua Kita Bangga di Hadapan Rasulullah!

” Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jum’at maka bersegeralah mengingat Allah… “(QS.Al-Jumu’ah : 9).

3. Memperbanyak doa

Seperti dalam hadits dari Abu Hurairah radiyallahu anhu, Nabi SWA menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at terdapat satu waktu yang jika seoarang muslim melakukan shalat didalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah SWT niscaya permintaanya akan dikabulkan. “
Lalu beliau memeberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikit waktu itu. (HR.Bukhari dan Muslim).

Sedikt waktu yang dimaksud dalam hadits ini adalah detik terakhir di hari Jum’at, yaitu menjelang magrib.

4. Memperbanyak shalawat

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ” Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalain adalah hari Jum’at maka perbanyaklah shalawat kepadaku didalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku. “Para sahabat berkata, “Bagaiamana diditunjukkan kepadamu sedekahkan engkau telah menjadi tanah? “Nabi bersabda, ” Sesungguhnya Allah mengharumkan bumi untuk memakan jasad para Nabi. “(HR.Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa-i).

5. Mandi Jum’at

Walaupun setiap hari kita dianjurkan untuk mandi, di hari Jum’at ada sunnah untuk mandi sebelum Jum’at. Seperti dalam hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ” Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at maka ia mandi seperti mandi janabah…. “
(HR.Bukhari dan Muslim).

6. Memakai pakaian terbaik

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ” Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja. “(HR.Abu Dawud dan Ibnu Majah di nilai shahih oleh Al Albani).

7. Membersihkan diri dan menggunakan minyak wangi

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ” Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi lalu berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at sampai Jum’at berikutnya. “( HR. Bukhari dan Muslim).

8. Memperbanyak shalat sunnah sebelum khatib naik mimbar

“Barang siapa yang mandi kemudian datang untuk shalat Jumat lalu ja shalat semampunya dan dia diam mendengarkan khutbah hingga selesai, kemudian shalat bersama imam, maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at tersebut sampai Jum’at berikutnya ditambah tiga hari. ” (HR. muslim).

9. Menyegarkan ke masjid

Anas bin Malik berkata, ” Kami berpagi-pagi menuju shalat Jum’at dan tidur siang setelah shalat Jum’at. “(HR. Bukhari).