Masuk

Jangan Lupa Prokes dan Surat-surat Berkendara, Polda Sulsel Gelar Operasi Patuh Hingga 3 Oktober 2021

Komentar

Terkini.id, MakassarOperasi Patuh 2021 kembali digelar Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) lewat Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di masing-masing kabupaten dan kota se-Sulsel. Kegiatan ini bertujuan untuk keselamatan berkendara dan menekan penyebaran virus Covid-19.

Operasi ini berlangsung selama dua pekan ke depan. Mulai, Senin 20 September 2021 kemarin, hingga Minggu 3 Oktober 2021. 

Kapolda Sulsel, Irjen Merdisyam melalui keterangan tertulisnya mengatakan operasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas serta penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

Baca Juga: Kasus Hukum Anggota DPRD Jufri Sambarra Menggantung, WALHI Sulsel Duga Polda Sudah Dikondisikan

Bukan hanya itu, Jenderal Polisi bintang dua itu menjelaskan, selain menindak pengendara yang melanggar, pihaknya juga akan turut menertibkan masyarakat yang tidak patuh pada penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. 

Diantaranya pengendara yang tidak menggunakan masker akan ikut dirazia.

Operasi patuh tahun ini diharapkan, dapat menekan angka penyebaran, juga menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan black spot, trouble spot dan juga menekan angka fatalitas lakalantas yang dapat mengakibatkan korban jiwa,” kata Merdisyam.

Baca Juga: Polrestabes Makassar Berhasil Gagalkan Peredaran Sabu seberat 43,6 Kg

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes E Zulpan yang ikut dikonfirmasi menyampaikan, dalam operasi kali ini, para pengendara yang terjaring razia dan terbukti melanggar akan tetap ditindak dan diberi sanksi tegas. 

Hal itu dilakukan mengingat masih banyaknya pengendara bandel, yang tidak mempunyai kelengkapan berkendara. Mulai dari surat-surat kendaraan hingga perangkat keselamatan berkendara lainnya. 

“Seperti tidak memakai helm standar, sabuk pengaman (pengendara mobil), melebihi batas maksimum, di bawah pengaruh alkohol, berkendara di bawah umur, berkendara menggunakan handphone dan melanggar rambu-rambu lalu lintas lainnya,” tegasnya.

Meski begitu, Zulpan mengimbau pada petugas yang ada di lapangan agar selalu mengedepankan sikap humanis dan edukatif untuk meningkatkan simpati masyarakat. Khususnya kesadaran dan keselamatan berkendara. 

Baca Juga: Opsnal Cyber Polda Sulsel Bongkar Penipuan Online Lewat Instagram Modus Lowongan Kerja

“Pelaksanaan operasi patuh, berfokus dalam upaya penanganan untuk memutus mata rantai penyebaran virus, serta untuk mencegah terjadinya kerumunan massal,” kuncinya.