Jelang Idul Adha, Pertamina Pantau Stok LPG di Pangkalan

Pertamina
Jelang Idul Adha, Pertamina Pantau Stok LPG di Pangkalan

Terkini.id, Parepare – Pertamina LPG I Sulawesi bersama Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Parepare, melakukan kunjungan sekaligus pemantauan ke sejumlah pangkalan yang di Kecamatan Bacukiki, Jumat 2 Agustus 2019.

Kunjungan diikuti Sekretaris Disdag Parepare, St Rahmah, Kepala Seksi Perlindungan Konsumen, Asia, dan Kepala Seksi Pengawasan Usaha, Rahim, Sales Executive LPG I Sulawesi, Risal Arsyad, serta sejumlah Agen Pertamina LPG Parepare.

Adapun beberapa pangkalan yang dikunjungi di beberapa kelurahan di antaranya, Rasmia di Watang Bacukiki, MT. Rusman di Lemoe, serta Hj Suryani, I Bintang, dan Winni Jayanti di Lompoe.

St Rahmah mengatakan, pihaknya mengimbau kepada pangkalan supaya lebih selektif, jika ada oknum yang yang tiba-tiba ingin membeli LPG 3kg dalam jumlah banyak.

“Dihimbau juga kepada masyarakat jika memiliki keluhan terkait LPG 3kg, bisa menghubungi Layanan Aduan Masyarakat Dinas Perdangan pada nomor 082259986878,” katanya.

Sementara, salah satu pemilik pangkalan, I Bintang mengungkapkan, pihaknya tidak memberikan atau menjual gas LPG 3kg kepada yang bukan warga di sekitar, orang-orang mampu yang menggunakan mobil, atau orang dari luar daerah.

“Meskipun minta 1 tabung sekalipun, tidak kami biarkan. Pengecer juga mulai kami batasi. Intinya, gas 3kg tidak langka. Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada warga yang mengeluh,” bebernya.

Sedangkan, Sales Executive LPG I Sulawesi, Risal Arsyad memaparkan, adapun temuan di lapangan dalam pemantauan tersebut yakni, di beberapa pangkalan laris diserbu oleh masyarakat. Namun, tidak diketahui apakah benar digunakan untuk rumah tangga atau diecer.

Selain itu, lanjutnya, beberapa pangkalan sudah stop ke pengecer, namun ada juga yang masih menjual ke pengecer.

“Oleh karena itu, kami himbau kepada pangkalan untuk menguatamakan penjualan untuk warga sekitar. Jika diketahui pangkalan masih banyak menjual ke pengecer, maka akan diberi sanksi. Pengecer ini yang membuat resah karena suka memainkan harga,” tegasnya.

Risal menambahkan, untuk bulan Agustus ini Pertamina akan menambah 9.520 tabung untuk Parepare, dan akan diawasi bersama Pertamina, Agen, Dinas Perdagangan, dan Kepolisian, agar tepat sasaran.

“Selain itu Pemerintah Kota Parepare sedang mengagendakan untuk penukaran tabung 3 kg ke 5,5 kg untuk ASN, sesuai arahan Gubernur Sulawesi Selatan,” tandasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Bupati Gowa Jadi Irup Peringatan HUT PMI ke-74

Terkini.id,Gowa - Bupati Gowa yanh sekaligus sebagai Ketua terpilih PMI Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Apel Bersama Jajaran Polres