Jelang Idul Adha, Satpol PP Pastikan Keamanan Berjalan Baik di Makassar

Satpol PP Makassar
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar Iman Hud

Terkini.id, Makassar – Jelang Idul Adha, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar Iman Hud mengatakan, pihaknya bakal terus memastikan keamanan berjalan dengan baik di Kota Makassar.

Hanya saja, dia mengakui bahwa jumlah personelnya saat ini belum memadai untuk menangani Kota Makassar yang terus mengalami perubahan.

“Ini kota berkembang, terus bertambah. Tentu personil juga harus semakin besar karena jumlah penduduk besar menyebabkan kerawanan sosial juga besar,” kata Iman kepada terkini.id, Jumat, 9 Agustus 2019.

Kendala demikian, menurut Iman, lantaran jumlah penduduk tidak berbanding lurus dengan personil di lapangan.

“Makanya perlu menambah jumlah Satpol PP dengan fungsi yang beranekaragam berdasarkan kebutuhan,” ungkapnya.

Iman mengatakan penambahan Satpol PP bisa digunakan untuk pengembangan Pariwisata dalam hal memberi rasa aman.

Selain itu, ia melihat banyak SKPD yang membutuhkan peran Satpol PP dalam melakukan penjagaan terhadap objek vital milik negara.

“Selain itu menunjang stakeholder SKPD lain, misalnya penerbitan anak jalanan, gelandangan, pengemis. Itu masih terbatas,” ungkapnya.

Sementara pengamanan Satpol PP dari pihak kecamatan, menurut Iman, yang hanya sekitar 30 orang belum maksimal lantaran jumlah penduduk kecamatan yang juga terus bertambah.

“Ada kecamatan yang penduduknya berjumlah hampir 200 ribu,” urainya.

Ia pun berharap dalam waktu dekat ada penambahan Satpol PP, berdasarkan kalkulasi, Iman menyebut membutuhkan minimal penambahan seribu personil baru dari 8 ratus yang ada saat ini.

“Makanya kemarin di DPRD saya minta penambahan tiga ratus personil, karena harus juga melihat kondisi APBD. Kalau kondisi idealnya sebenarnya seribu lima ratus,” ungkapnya.

Berita Terkait