Jelang Keberangkatan, 1.185 CJH Kota Makassar Ikut Manasik Haji

Sebanyak 1.185 Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Makassar melaksanakan manasik haji guna mendapatkan bimbingan terkait pelaksanaan ibadah haji.

Terkini.id,Makassar – Sebanyak 1.185 Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Makassar melaksanakan manasik haji guna mendapatkan bimbingan terkait pelaksanaan ibadah haji.

Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb membuka secara resmi manasik haji yang berlangsung di Auditorium KH Muhyiddin Zain Universitas Islam Makassar, Rabu, 12 Juni 2019.

Iqbal meminta Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Makassar Tahun 2019 untuk bersabar selama proses pelaksanaan ibadah haji dari proses manasik hingga nantinya kembali ke tanah air.

“Pemkot senantiasa akan membantu mendorong peningkatan ibadah haji. Tentu bukan hal yang mudah untuk mengkoordinir. Tapi selama kita kompak Insya Allah semua akan lancar. Jadi, pesan kami ada 3 yaitu sabar, sabar, dan sabar,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Iqbal juga berharap agar para Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Makassar selalu menjaga kondisi kesehatan dan selalu menaati peraturan yang ada seperti tidak membawa terlalu banyak barang bawaan.

Sebab menurutnya, membawa barang bawaan dalam jumlah banyak hanya akan menganggu perjalanan para Calon Jamaah Haji (CJH) kota Makassar. Demikian juga saat pulang nantinya.

Dia berpesan agar para Calon Jamaah Haji (CJH) yang hendak membawa oleh-oleh agar membawa barang kecil saja. Jika tetap bersikeras, kata dia, maka sebaiknya menggunakan kapal kargo untuk mengirim barang.

“Semoga nanti semua berangkat dalam keadaan sehat. Dan bisa juga kembali dalam keadan sehat dan selamat. Tidak usah bawa terlalu banyak barang. Jaga kesehatan baik-baik, ikuti aturan-aturan yang disampaikan petugas,” harapnya.

Diketahui, Manasik haji diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Makassar.

“Calon Jamaah Haji (CJH) kita dari Makassar yang Insya Allah akan berangkat tahun ini setelah melalui tahapan proses, baik proses yang terkait pelunasan maupun kesehatan sejumlah 1.185 orang,” kata Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar, H.M Arsyad Ambo Tuo.

Arsyad menuturkan, bahwa jumlah kuota Calon Jamaah Haji (CJH) untuk Makassar awalnya hanya 1.143. Namun, akhirnya mendapatkan kuota tambahan sebanyak 33 orang dan 9 orang TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).

“Makassar terdiri dari 14 kloter dari 40 kloter. Tapi yang utuh hanya kloter 1 sementara kloter 2 dan seterusnya tergabung dengan kloter dari kota lain yang embarkasi Hasanuddin. Proses masuk asrama tanggal 6 Juli dan insya Allah berangkat tanggal 7, jadi langsung,” sambung dia.

Terkait dengan pelaksanaan manasik ini, dia menambahkan bahwa akan dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan dan dilakukan masing-masing di tingkat kecamatan.

“Dengan ini kita harap dapat menciptakan Calon Jamaah Haji (CJH) yang mandiri. Mulai besok Insya Allah kita sudah mulai melakukan manasik haji di tingkat kecamatan selama 8 hari setelah itu ada pertemuan untuk penutupan,” terang Arsyad.

Berita Terkait
Komentar
Terkini