Masuk

Jokowi Endorse Prabowo Maju Jadi Capres 2024, Begini Kata Analis Politik!

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meng-endorse Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto maju menjadi capres 2024. Terkait hal itu, begini kata analis politik!

Analis Politik, Ray Rangkuti menilai pernyataan Jokowi sudah terlalu vulgar menyatakan Prabowo sebagai pemimpin selanjutnya di tahun 2024.

“Jokowi itu, kalau kita hitung sudah hampir 4 kali intensitasnya diucapkan dengan redaksi yang sangat jelas tertujukan kepada orang per orang. Tahun 2024, masanya Pak Prabowo,” kata Ray.

Baca Juga: Forkopimda Sulsel Hadiri Rakornas, Syahar: Jokowi Ingatkan Ancaman Resesi Ekonomi

Ray juga mengatakan Jokowi memiliki dua kapasitas ketika berbicara seperti itu yang akan mencederai proses berjalannya pemilu.

“Presiden ini kan terdapat dalam dirinya dua kapasitas. Pertama adalah sebagai kepala negara, dan juga sebagai kepala pemerintahan,” terangnya.

“Sebagai kepala negara beliau adalah penanggung jawab utama pelaksanaan pemilu. Harus ingat ya, KPU itu setelah selesai pemilu membuat laporan yang diserahkan kepada presiden. Presiden lah yang menerima laporan itu sebagai penanggung jawab pelaksanaan pemilu secara keseluruhan dalam kapasitas beliau sebagai kepala negara,” sambungnya.

Baca Juga: Soal Pemilu 2024, Puan Maharani: Capres Itu Sudah Ada di Garis Tangan

Ray juga menceritakan sistem pemilu pada masa Presiden B. J. Habibie. Katanya, tahun 99 KPU saat itu, yang tahun 99 sempat tidak mau tanda tangan hasil pemilu, kebanyakan partai politik. Tapi, oleh almarhum Presiden Pak Habibie, diambil alih.

Kata dia, Habibie menandatangani sendiri dan menyatakan sah. Jadi, kenapa Pak Habibie melakukannya karena beliau adalah penanggung jawab utama pelaksanaan pemilu sebagai kepala negara.