Masuk

DPR RI Putuskan Jordi Amat dan Sandy Walsh Segera Berstatus WNI

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Jakarta – Lodewijk F. Paulus selaku Wakil Ketua DPR RI mengumumkan bahwa Calon Pemain Tim Nasional Indonesia (Timnas Indonesia), Jordi Amat dan Sandy Walsh akan segera memiliki kewarganegaraan Indonesia.

Keputusan tentang status kewarganegaraan kedua pesepak bola asing ini ditetapkan pada Rapat Paripurna DPR RI yang digelar pada Selasa 20 September 2022.

Setelah keputusan DPR RI ini, Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal menunggu Surat Keputusan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Arab Saudi Kalah Dari Polandia, Denny Siregar: Mirip Timnas Indonesia

Kemudian akan dilanjutkan dengan pengucapan sumpah janji setia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang dilakukan di gedung Kementerian Hukum dan HAM.

“Sesuai hasil pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pemberian pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh,” ujar Lodewijk F. Paulus dikutip terkini.id dari suara.com, Rabu 21 September 2022.

Sebagai informasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh merupakan bintang sepakbola keturunan Spanyol dan Belanda.

Baca Juga: Timnas U-20 Takluk Atas Slovakia U-20, Shin Tae-yong Soroti Keputusan Wasit

PSSI langsung memilih kedua pemain sepak bola ini dengan tujuan agar dapat memperkuat timnas senior Indonesia sebagai pemain naturalisasi.

Jordi Amat dan Sandy Walsh diprediksi akan ikut bertanding dalam laga Piala AFF 2022 sebagai anggota timnas Indonesia yang dipimpin oleh pelatih Shin Tae Young.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Young berharap dapat memainkan kedua pemain keturunan Eropa ini pada FIFA Matchday melawan Curacao yang digelar pada tanggal 24 dan 27 September 2022.

Namun karena saat ini Jordi Amat dan Sandy Walsh masih berstatus Warga Negara Asing (WNA) maka hal tersebut tidak dimungkinkan untuk terjadi.

Baca Juga: Mantan Pemain Sepakbola Bambang Pamungkas Bakal Jadi Komentator Piala Dunia 2022

Pada bulan Mei, Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah pernah mengikuti latihan bersama timnas Indonesia di Lapangan Sidolig, Bandung.

Jordi Amat saat ini berusia 30 tahun sedangkan Sandy Walsh berumur 27 tahun. Kedua bintang sepakbola ini telah lama berkarir di Eropa menjadi pesepak bola yang ditempatkan sebagai bek.

Jordi Amat pernah memperkuat klub sepak bola Espanyol, Real Betis dan Swansea City. Saat ini Jordi Amat berstatus sebagai pemain tim sepak bola Malaysia, Johor Darul Ta’zim.

Sedangkan Sandy Walsh adalah pemain sepak bola di Liga Belgia. Saat ini ia sedang merumput bersama KV Mechelen sebagai bek kanan.