Jusuf Kalla Harap Masyarakat Bisa Terbiasa dengan New Normal

Jusuf Kalla pakai masker.(Facebook.com/tomi lebang)
Jusuf Kalla pakai masker.(Facebook.com/tomi lebang)

Terkini.id, Jakarta – Ketua PMI yang juga Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, konsep new normal yang akan diterapkan selama pandemi corona covid-19 oleh pemerintah harus bisa dijalankan masyarakat.

Sebab, new normal adalah fase transisi kehidupan untuk kembali menuju hidup yang normal setelah pandemi berakhir.

“Kehidupan ini kan berputar saja, new normal itu harapan bukan sesuatu yang rumit amat. Jangan dirumit-rumitkan itu,” kata JK dalam diskusi daring yang digelar Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju, Sabtu 30 Mei 2020 seperti dikutip dari kumparan.

JK mengungkapkan, banyak orang menginginkan adanya new normal. Sebab, pandemi membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas.

“Tahun lalu kita masih hidup normal, artinya kita pergi ke gereja, ke mal, ke pesta, ke pasar, bebas. Normal itu. Tiba-tiba krisis kesehatan, menjadi kehidupan kita abnormal. Kerja di rumah dan sebagainya itu. Itu abnormal,” kata dia.

Menarik untuk Anda:

“Nah, sekarang supaya kita harapkan ada kehidupan kehidupan baru yang lebih baik dari pada abnormal ini yakni new normal. Setelah ditemukan vaksin kita normal lagi. Itu Kira-kira siklus kehidupan kita,” sambungnya.

Namun, menurut dia, kehidupan new normal harus dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan, hingga jaga jarak.

“Ke kantor pakai masker, cuci tangan di kantor, ke kantor tapi jaga jarak. Ke mal jaga jarak, ke masjid jaga jarak. Jadi ini sebetulnya new normal,” ujar dia.

Ia berharap masyarakat bisa beradaptasi dengan fase ini sebelum pada akhirnya kehidupan akan normal kembali.

“Kehidupan new normal itu begini. Dulu kalau kita keluar rumah cari dompet. Setelah ada HP, dompet kemudian bukan prioritas, pertama HP. Sekarang kan begitu keluar rumah, mana saya punya masker, nah itu,” kata dia.

“New normal ini akan biasa lama-lama seperti itu. Sama lah kalau kita naik pesawat terbang. Checking langsung naik, sekarang mesti x ray, geledah dan lain-lain. Lama-lama jengkel, lama lama biasa. New normal itu harus kita hadapi, kita harap kita segera new normal, tidak memberatkan dengan kita bekerja sama. Jangan cari kesulitannya, cari kemudahannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah memang tengah mencanangkan kehidupan new normal. Upaya ini dilakukan agar aktivitas masyarakat bisa kembali berjalan namun dengan protokol kesehatan yang tetap diperhatikan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pimpinan DPD RI Rekomendasikan Tolak RUU HIP

Data Pribadinya Bocor, Denny Siregar Ancam Gugat Telkomsel

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar