Jusuf Kalla Perintahkan Kemensos Berikan Santunan Bagi Korban Meninggal Akibat Banjir

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meninjau Bendungan Bili-Bili di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Minggu 27 Januari 2019. /Nasruddin

Terkini.id — Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) meminta Kementerian Sosial agar segera menjalankan program santunan bagi keluarga korban yang meninggal akibat bencana banjir di beberapa daerah di Sulsel.

“Kemensos akan memberi santunan Rp15 juta per orang,” ujar Jusuf Kalla saat memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Sulsel, Minggu 27 Januari 2019.

Jusuf Kalla telah melakukan peninjauan di langsung bendungan Bili-Bili di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa.

Saat meninjau, JK didampingi oleh Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Syamsu Rizal.

JK didampingi langsung dua kabinet, dalam hal ini Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto.

JK mengungkapkan, ada dua hal yang mengakibatkan banjir, yang pertama masalah cuaca dan masalah kerusakan di hulu yang diakibatkan kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Bawakaraeng.

“Karena itu harus kita perbaiki baik sesuai dengan aturan, siapa yang melanggar yang merusak itu harus dicabut,” ujarnya.

Lanjut JK, tanaman yang bisa mengakibatkan longsor seperti tanaman jagung, harus diganti dengan tanaman yang keras agar dapat menjaga lingkungan.

“Nanti gubernur dan BNPB membantu penyelesaian itu. Mengenai kerusakan pada masyarakat juga akan dibantu sesuai dengan aturan yang ada,” umbarnya.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini