Bupati Bulukumba Harapkan Pemprov Lakukan Pengerukan di Pelabuhan Bira

Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali mendampingi Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meninjau jalan wisata Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sabtu 16 Maret 2019.

Terkini.id — Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali mengharapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk melakukan pengerukan di Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba.

Menurut Andi Sukri, salah satu persoalan yang dihadapi dalam pengembangan pelabuhan adalah masalah pendangkalan. Lokasi tersebut masih dangkal, dan tidak pernah dilakukan pengerukan.

“Kiranya pemerintah provinsi dapat melakukan pengerukan, sehingga kapal-kapal pariwisata dapat singgah di Selayar dan Bulukumba. Dan tentunya, sekiranya laut tersebut sudah layak dilalui oleh kapal-kapal besar, baik lokal maupun mancanegara,” harap Sukri, ketika mendampingi Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meninjau jalan wisata Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sabtu 16 Maret 2019.

Ia menambahkan, potensi wisata di Bulukumba dan Kepulauan Selayar sangat menjanjikan. Namun jika ingin mengembangkan sektor pariwisata, pemerintah kabupaten harus tetap menggandeng pemerintah provinsi.

“Setelah selesai, baru dikembalikan pengelolaannya kepada pihak pemerintah kabupaten yang telah ditunjuk sebagai penanggung jawab di lapangan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Andi Sudirman menjelaskan, saat ini semua pekerjaan yang ada di kabupaten harus di bawah kontrol pemerintah provinsi, yang telah ditunjuk berdasarkan bidangnya masing-masing.

Menurutnya, masih banyak kekurangan yang harus segera dibenahi sebelum dilakukan pengembangan ke hal yang lebih besar.

“Masih ada yang belum terjangkau listrik dan air bersih. Kiranya hal itu diselesaikan lebih dulu sebelum pelaksanaan, agar semua berjalan sesuai perencanaan awal,” imbuhnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini