Kabupaten Luwu Utara Diguncang Gempa Bumi, Warga Diminta Tenang

Terkini.id, Luwu UtaraGempa bumi mengguncang Kabupaten Luwu Utara Propinsi Sulawesi Selatan. Gempa bermagnitudo 4,8 tersebut terjadi pada Jumat 3 Juni 2022 pukul 01:31:27 WITA.

Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet, ST, M.Si dalam keterangan resminya mengatakan episenter gempa bumi berada pada titik koordinat gempa berada di 2.12 LS dan 120.55 BT.

“Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 66 Kilometer Timur Laut Luwu Utara –  Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 Kilometer,”demikian penjelasan Irwan dalam keterangan resminya pada Jumat 3 Juni 2022.

Baca Juga: Soal Perubahan Iklim, Jokowi Minta BMKG Identifikasi Risiko dan Dampaknya

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Irwan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Matano yang berdekatan dengan pusat episenter.

Dilaporkan juga bahwa gempa bumi terkini, hari ini di Luwu Utara dirasakan di beberapa daerah sebagai berikut:

Baca Juga: Soroti Dampak Perubahan Iklim, Jokowi: Akan Ada 13 Juta Orang...

1. Guncangan gempabumi ini dirasakan di Luwu Utara IV MMI (artinya pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi)

2. Luwu Timur III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu)

3. Palopo II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 

Baca Juga: Soroti Dampak Perubahan Iklim, Jokowi: Akan Ada 13 Juta Orang...

Irwan menegaskan, berdasarkan hasil monitoring hingga pukul 02:30 WITA belum menunjukkan adanya aktifitas gempabumi susulan (aftershock).

1 2
Selanjutnya
Bagikan