Kaesang Pangarep Bisa Tangani Corona Jika Jadi Gubernur Jakarta. Benarkah?

Kaesang Pangarep
Kaesang Pangarep. (Foto: Berita Satu)

Terkini.id, Jakarta – Sebuah artikel hoax yang berjudul “Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Simak Faktanya” beredar luas di media soial.

Akun facebook Andrian misalnya mengunggah artikel tersebut dengan narasi Kaesang yang ingin seperti Jokowi.

Berikut narasinya:

“Kaesangpengarep (pengharap) menyebutkan dirinya mampu menangani virus Corona di Jakarta asal menjadi gubernur DKI…

Virus Corona hanya isu pemerintah..
Sama seperti Jokowi bpk nya dulu seperti itu cara nya..jokowi hanya menjual diri popularitas tak lebih dari seorang penyanyi..arti nya Jokowi bkn lah seorang yg pintar mengelola perekomian negara …”

Menarik untuk Anda:

Informasi Salah

Mengutip dari halaman hoax-buster pada situs https://covid19.go.id/p/hoax-buster , klaim Kaesang mampu tangani virus corona asal menjadi gubernur DKI Jakarta merupakan klaim yang salah.

Artikel yang dibagikan akun itu merupakan artikel periksa fakta. Dalam artikel tersebut dituliskan bantahan klaim dari akun tersebut.

Artikel berjudul “Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Simak Faktanya” yang dimuat di situs republika.ikhtisar.net pada 9 Juni 2020 mengutip dari situs depok.pikiran-rakyat.com pada 26 Mei 2020 dengan judul yang sama.

Dalam artikel tersebut dituliskan Kaesang tak pernah mengunggah narasi mampu tangani penyebaran corona di Jakarta jika menjadi gubernur DKI Jakarta.

Adapun foto yang digunakan dalam unggahan facebook merupakan suntingan dari laman instagram Kaesang. Dalam foto tersebut, Kaesang bekerja dari rumah selama pandemi.

Pada unggahan Kaesang tersebut juga tak satupun kalimat yang menyinggung bahasan tentang Pilkada dan rencananya dalam memimpin DKI Jakarta.

Setelah ditelusuri di media massa online juga tidak ditemukan informasi soal Kaesang Pangarep menyatakan bisa dengan mudah mengendalikan virus corona jika maju menjadi Gubernur DKI Jakarta. Lalu pada tanggal 1 Juni 2020, Kaesang Pangarep sudah membantah klaim tersebut melalui kanal Youtubenya.

Lebih lanjut, akun instagram Hoax Crisis Center Jawa Barat @hccjawabarat pernah membuat artikel membantah soal Kaesang mudah atasi corona jika menjadi gubernur.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Ketum PBNU Said Aqil Umumkan Positif Covid-19: Ini Bukan Aib, Tak Perlu Ditutupi

Tambah 169 Orang, Pasien Meninggal Covid-19 di Indonesia Capai 16.815

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar