Kasus Corona Turun? Jangan Senang Dulu, Soalnya Masa Krisis Varian Delta hingga Akhir September

Terkini.id, Jakarta – Kasus corona turun? Jangan senang dulu, soalnya masa krisis varian Delta hingga akhir September. World Health Organization yang disingkat WHO atau disebut Organisasi Kesehatan Dunia di Indonesia, memprediksi varian Delta Covid-19 bakal menjadi varian virus corona paling dominan dalam beberapa bulan mendatang.

Varian ini sejak awal kemunculannya di India disebut bisa membuat seseorang lebih mudah dirawat di rumah sakit apabila terpapar. Nah, bagaimana dengan di Indonesia yang saat ini kasusnya mulai menurun?

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, masa krisis varian Delta di Indonesia masih akan terus berlangsung hingga akhir September 2021. Untuk itu, Dicky mengatakan jangan euforia dulu kendati saat ini kasus harian turun sampai di bawah 10 ribu.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Varian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia, Kemenkes...

“Masa kritis varian Delta ini masih akan berlangsung setidaknya sampai akhir September, karena rata-rata masa krisis Delta ini 12 mingguan, jadi belum selesai ya,” imbau Dicky kepada wartawan di Jakarta, Minggu 5 September 2021

Ia menambahkan, penurunan kasus corona di beberapa wilayah di Indonesia tidak dapat mewakili semua wilayah. Sejauh ini penurunan hanya terlihat di Jawa, Bali, dan Madura.

Baca Juga: Update Covid-19 Rabu 29 Juni: Tambah 2.149 Kasus Baru di...

“Masih ada 11 provinsi yang level community transmissionnya di level 3 dan 4. Masih ada 18 provinsi yang positivity ratenya lebih dari 20 persen, kan besar itu, lebih dari 50 persen,” ungkap Dicky.

Menurutnya, hal itu terjadi lantaran pelaksanaan testing, tracing, treatment (3T) didominasi wilayah Jabodetabek. Jadi ketika kasus di Jabodetabek membaik, otomatis keadaan nasional ikut membaik.

“Karena selama ini testing yang mendominasi 3T itu kan Jabodetabek, ketika Jabodetabek yang membaik ya ikut-ikutan membaik nasional karena yang lainnya nggak kuat intervensi 3T-nya,” beber Dicky.

Bagikan