Makassar Terkini
Masuk

Kasus Covid-19 Anak Meningkat, Dinkes Makassar: Lebih Sulit Jaga Prokes

Terkini.id, Makassar – Data Dinas Kesehatan Makassar menunjukkan rawannya penularan virus Covid-19 pada kelompok usia anak. Saat ini jumlah anak yang terpapar Covid-19 sebanyak 81 orang.

Berdasarkan kelompok umur, usia 0- 5 tahun sebanyak 17 Kasus, usia 6-18 tahun 64 kasus atau total 81 kasus pada anak.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Makassar Adi Novrisa ada peningkatan kasus pada anak lantaran usia tersebut lebih sulit untuk menerapkan atau menjaga protokol kesehatan.

Adi mengatakan pemerintah kota mengambil langkah dengan lockdown kelas bila ditemukan ada anak yang positif Covid-19.

“Anak-anak lebih sulit menjaga prokes. Jadi kalau ada yang positif di sekolah kita lockdown kelas,” ujar Adi, Kamis, 17 Februari 2022.

Adi menyebut, saat ini setiap sekolah memiliki dokter kelas yang bertugas mendata siswa yang tidak masuk dalam proses belajar mengajar.

“Jadi dokter kelas itu mendata temannya yang tidak hadir disertai alasannya kenapa tidak masuk, kemudian dilaporkan ke sekolah,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Adi, pihak sekolah juga wajib mengisi link yang langsung terhubung ke Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Makassar untuk dilakukan tindak lanjut.

“Sehingga bisa dipantau setiap hari dan bisa diambil langkah cepat dalam mengatasi penyebaran Covid-19 di Makassar,” ungkapnya.

Adi pun mengimbau orang tua bila melihat anaknya sedang bergejala batuk, pilek, dan demam untuk tidak diikutkan dulu ke sekolah mengikuti PTM.

“Bagi anak yang belum vaksin, agar segera di vaksin, karena terbukti adanya perbedaan berat gejala bagi yang sudah dan belum divaksin,” tuturnya.