Pentingnya Pemeriksaan Dini Kanker Rahim

Penilaian IVA Test di Kecamatan Manggala yang dilakukan kader PKK Kecamatan Manggala
Penilaian IVA Test di Kecamatan Manggala yang dilakukan kader PKK Kecamatan Manggala

Terkini.id, Makassar – Ketua Tim Verifikasi Lapangan Pokja IV tingkat nasional Syahrial menyatakan pemeriksaan kanker rahim merupakan tindakan paling sederhana untuk mencegah sedini mungkin terjadinya kanker rahim.

Dia menuturkan pemeriksaan bisa dilakukan sekali dalam lima tahun. “Terutama sekali yang pasangan usia subur,” kata dia kepada wartawan, Sabtu 22 Juni 2019.

Hal itu ia sampaikan usai melakukan penilaian di Kecamatan Manggala, ihwal IVA Test yang dilakukan kader PKK Kecamatan Manggala. Hasil penilaian, kata dia, cakupannya sudah 90 persen.

Padahal, kata dia, memang mengharapkan di atas 80 persen. Ia menegaskan kalau sudah di atas 90 persen, berarti itu sudah bagus.

“Berarti, perhatian Pemerintah daerah dengan Dinas¬†Kesehatan¬†berjalan dengan baik. Yang kedua, penganggarannya, ketiga, keikutsertaan masyarakat begitu besar yang dilakukan oleh kader ibu PKK,” paparnya.

Menarik untuk Anda:

Lantaran sudah di atas 90 persen, ia mengharapkan terjadi secara nasional. Namun, kata dia, ada kelemahan sedikit. Itu masalah pelaporan, jadi sistem cara melaporkan.

“Tapi kita tadi sudah diskusi, di dalam ini kan salah satu bentuk pembinaan. Jadi tadi sudah bertukar pendapat terkait pelaporan,” paparnya.

“Kemudian hasil laporannya bisa menjadi contoh untuk daerah-daerah lain. Kota Makassar sudah menjadi kota maju untuk indonesia,” sambungnya.

Terpisah, Camat Manggala Syahruddin menyebut dari pemeriksaan IVA Test yang yang ada di Kota Makassar, bahkan di Sulsel, Kecamatan Manggala menjadi nominator dalam gerak hari kesatuan PKK tingkat nasional.

“Sehingga harapan kami Kecamatan Manggala akan menjadi pionir dalam pemeriksaan IPATES,” paparnya.

Dia berharap kepada masyarakat terkaiit pencapaain selama ini supaya apa yang dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

“Terutama terkait kebersihan dan pemahaman warga terhadap lingkungan yang bersih,” ucapnya.

Selain iti, kata dia, meningkatkan pemahaman warga terhadap apa pun yang menjadi temuan, yang berbahaya terhadap reproduksi, terutama wanita.

“Yang pasti kader kami itu, setiap saat harus turun menggalakkan informasi terkait bahaya dari kanker rahim ini,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Dekranasda Makassar Dorong Industri Kerajinan di Tengah Pandemi

Pendapatan Laba Perumda Air Minum Makassar Lampaui Target, Dewan Beri Jempol

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar