Kenapa Ujung Kuku Warna Putih Susu? Ini Penjelasannya

Ujung Kuku
Ilustrasi Ujung Kuku

Terkini.id – Kuku adalah bagian tubuh yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran.

Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur yang disebut dengan keratin.

Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit. Nah, lantas mengapa warna ujung kuku bisa berwarna putih seperti susu? Simak penjelasannya berikut ini.

Kuku
Kuku

Dilansir dari tanya kenapa, warna keputihan pada ujung kuku disebabkan karena di bawah ujung kuku kita tidak kulit atau pembuluh darah.

Di bawah ujung kuku tersebut, yang terlihat hanya keratin yang berwarna keputih-putihan seperti warna susu. Itulah mengapa bagian tersebut berwarna putih.

Bagian berwarna putih berbentuk setengah lingkaran di ujung kita itu dinamakan Lunula. Lunula terletak di ujung kuku kita, persisnya di bawah kuku bersentuhan dengan kulit jari.

Lebar dan tebalnya kuku bergantung pada ketebalan ‘Matrix’

Kuku
Ilustrasi kuku

Lunula merupakan bagian dari jaringan yang merupakan alas dari kuku. Jaringan ini dinamakan matrix. Lebar dan tebalnya kuku bergantung pada lebar dan tebalnya matrix.

Matrixlah yang bertanggung jawab atas pembentukan sel yang akhirnya menjadi kepingan kuku. Persis di bawahnya terbentang jaringan pembuluh darah kapiler yang memiliki suplai darah kuat, oleh sebab itu kuku kita terlihat berwarna merah muda.

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 – 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.

Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh.

Komentar
Terkini