Kendati Sudah Divaksin, Amerika Terapkan Keharusan Bermasker bagi Warganya

Terkini.id, Washington – Kendati sudah divaksin, Amerika terapkan keharusan bermasker bagi warganya. Melonjaknya kasus virus corona di Amerika Serikat (AS) akibat varian baru Delta, membuat pemerintah di Negeri Paman Sam memperketat aturan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker bagi warganya kendati mereka sudah divaksin.

Pasalnya, masyarakat yang sudah divaksinasi di bagian berisiko tinggi penularan Covid-19 di Amerika Serikat, harus kembali mengenakan masker di dalam ruangan. Hal itu diungkapkan otoritas kesehatan Amerika Serikat pada Selasa 27 Juli 2021.

Presiden Joe Biden mengatakan pengumuman itu menunjukkan, Amerika harus melakukan vaksinasi yang lebih baik, menggenjot kewajiban vaksin kepada lebih dari dua juta pekerja federal yang sedang ‘dalam pertimbangan’.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Disorot karena Tidak Pakai Masker dan Sabuk Pengaman...

Sementara itu, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Rochelle Walensky mengutip data terbaru, menunjukkan kasus lonjakan langka yang melibatkan varian Delta memiliki peningkatan risiko penularan lebih masif.

“Di daerah dengan transmisi substansial dan tinggi, CDC merekomendasikan orang yang divaksinasi penuh memakai masker di tempat umum di dalam ruangan,” bebernya, seperti dikutip dari France24, Rabu 28 Juli 2021.

Baca Juga: Pasien Langgar Aturan Pulau Karantina di Zaman Kuno: Siksaan Potong...

Menurut data CDC terbaru, seperti dillansir dari rri.co.id, Kamis 29 Juli 2021, sebanyak 63 persen dari lebih dari 3.200 wilayah di negara itu mengalami penularan yang substansial atau tinggi.

Substansial didefinisikan sebagai antara 50 hingga 100 kasus harian per 100 ribu orang selama tujuh hari, sementara tinggi didefinisikan sebagai lebih dari 100 kasus harian per 100 ribu selama tujuh hari.

Biden mengatakan, ia akan menyusun langkah-langkah baru pada Kamis 29 Juli 2021 guna mengatasi lambatnya vaksinasi di negara itu.

Baca Juga: Pasien Langgar Aturan Pulau Karantina di Zaman Kuno: Siksaan Potong...

Dalam pidato terpisah, kepada komunitas intelijen AS, ketika ditanya terkait kemungkinan mandat vaksin untuk pekerja federal AS, Biden menjawab, ‘Itu sedang dipertimbangkan sekarang’.

Pada Senin 26 Juli 2021 lalu, departemen ‘Urusan Veteran’ mengatakan membutuhkan petugas kesehatan garis depan, sekitar 115 ribu orang untuk menerima suntikan, yang menjadi agen federal pertama yang melembagakan persyaratan tersebut.

Bagikan