Kerap Bikin Masyarakat Bingung Karena Mirip Polisi, Seragam Satpam Akan Diubah Jadi Krem

Terkini.id, Jakarta – Sebagaimana yang telah diketahui, sejak Agustus 2020 telah ditetapkan perubahan warna satpam yang awalnya atasan putih dan bawahan biru tua, lalu diubah menjadi atasan dan bawahan coklat muda dan coklat tua, layaknya seragam polisi.

Namun, baru-baru ini Polri sedang mengkaji lagi perubahan warna seragam satpam.

Seragam petugas satpam yang saat ini berwarna cokelat muda akan berubah menjadi warna krem.

Baca Juga: Polisi Bentuk Tim Monitoring, Pantau Tindakan Masyarakat Borong Minyak Tanpa...

“Masih dalam proses pengkajian, warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dimintai konfirmasi, Rabu, 12 Januari 2022.

Ramadhan menyatakan seragam satpam yang saat ini terlalu mirip dengan seragam Polri yang berwarna cokelat. Menurutnya, kemiripan seragam satpam dengan polisi kerap membuat masyarakat bingung.

Baca Juga: Heboh! Ditemukan Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat, Komnas HAM:...

“Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri, sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam,” ucapnya sebagaimana dilansir detikcom.

Di sisi lain Ramadhan menjelaskan satpam sendiri merupakan pengembang fungsi kepolisian terbatas. Sehingga, satpam harus memiliki identitas yang berbeda dengan Polri.

“Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya,” ujarnya.

Baca Juga: Heboh! Ditemukan Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat, Komnas HAM:...

Ramadhan mengungkapkan warna seragam satpam yang baru ini akan diperkenalkan pada HUT Satpam nanti. Seragam bakal diberlakukan usai disahkan penggunaannya.

“Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru, dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian, dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya,” pungkasnya.

Bagikan