Ketua TP PKK Palopo Terima Kunjungan Tim KKS Bone

PKK Palopo
Ketua TP PKK Palopo terima Kunjungan Tim KKS Bone

Terkini.id. Palopo – Ketua Tim Forum Kota Sehat (FKS) Kota Palopo dr. Hj. Utia Sari Judas menerima Tim Pembina/Tim Teknis Kabupaten Bone Provinsi Sulsel dalam rangka kunjungan sharing penguatan program Kabupaten/Kota sehat dengan Pemerintah Kota Palopo.

Utia Sari Judas yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palopo mengawali penerimaan dengan pengalungan sarung sutera kepada Dr. Asia A.Pananrangi, SP, SH, MH yang mereupakan Sekretaris Umum (Sekum) Kabupaten Kota Sehat (KKS) Kabupaten Bone.

Pengalungan sarung di laksanakan di pelataran Kantor Walikota Palopo yang dilanjutkan dengan pertemuan di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Kamis, 18 Juli 2019.

Dalam sambutannya Ketua FKS  Kota Palopo sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Bone dalam hal ini Pengurus KKS Kabuten Bone yang telah menjadikan Kota Palopo sebagai tujuan studi tiru dan sharing penguatan program Kabupaten/Kota sehat.

Sementara dalam sambutan Ketua Forum KSK Bone yang diwakili oleh Sekum Kabupaten Kota Sehat, Dr. Asia A.Pananrangi, SP, SH, MH menyampaikan ungkapan yang sama dimana ditetapkannya Kota Palopo sebagai daerah kunjungan karena Palopo telah empat kali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan RI.

“Kami berharap semoga dengan kunjungan ini KKS Bone dapat mengikuti jejak Kota Palopo dengan berbagai prestisnya,” ungkapnya.

Asisten III Bidang Sekretaris Daerah cerita sejarah Palopo jadi kota otonom

Sementara itu, Asisten III Bidang Sekretaris Daerah Kota Palopo mewakili Walikota Palopo mengatakan Kabupaten Bone dengan Luwu dalam hal ini Kota Palopo adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

“Ini sesuai dengan pepatah orang dulu ‘somba ri gowa mangkau ri bone payung ri luwu’ Bone dengan Palopo adalah saudara,” ungkap Dr Ishak.

Ia juga juga memaparkan pemekaran atau daerah otonom dimana tadinya Palopo ini hanya Kota Administratif yang mengalami peningkatan status menjadi Kota Pada Tahun 2002  sesuai dengan Undang undang nomor 11 Tahun 2002.

Pada awal berdirinya sebagai kota otonom, kata Ishak, Kota Palopo terdiri atas empat kecamatan dan 20 kelurahan. Kemudian, berdasarkan Perda Kota Palopo no 3 Tahun 2005 dilaksanakan pemekaran menjadi 9 kecamatan dan 48 kelurahan.

“Untuk Kabupaten Luwu sendiri selaku induk mengalami pemekaran yakni Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur. Sehingga Luwu Raya ini terdiri dari 3 kabupaten dan 1 kota,” jelasnya.

Adapun fokus kunjungan dari tim KKS Kabupaten Bone sesusai jadwal akan melihat langsung UPTD Satelit Ayam, kemudian ke Tempat Pemerosesan Akhir (TPA) di Mancani, dan Bank Sampah di Kelurahan To Bulung.

Rombongan Sharing Penguatan Program Kabupaten/Kota sehat (KKS ) Bone sejumlah 50 orang termasuk mengikutkan tujuh Kepala Desa.

Selain Ketua TP PKK Kota Palopo, dan Asisten III Sekretariat daerah Kota Palopo, turut hadir pada penerimaaan rombongan KKS Kabupaten Bone, Kepala Bappeda Kota Palopo Firmansyah DP, selaku Pembina FKS dan para pengurus FKS Kota Palopo.

Berita Terkait
Komentar
Terkini