Keuangan RI Tahan Banting di Tengah Bencana, Sri Mulyani Jadi Menteri Terbaik

Menteri Keuangan
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (foto: tempo.co)

Terkini.id, Jakarta – Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati kembali meraih prestasi membanggakan.

Sri Mulyani kali ini dianugerahi gelar Finance Minister of the Year 2019 Global and Asia Pacific dari majalah keuangan The Banker. Sebuah majalah dari kelompok Financial Times, sebuah surat kabar bisnis internasional Britania Raya.

Dalam publikasinya, Rabu 2 Januari 2019, The Banker menekankan kemampuan Indonesia yang tahan banting di bawah arahan Sri Mulyani meskipun negara ini mengalami berbagai tragedi di 2018.

Tragedi tersebut seperti gempa bumi di Lombok yang menyebabkan kerugian infrastruktur sekitar Rp 5 triliun, Gempa dan Tsunami Palu, hingga Tsunami Banten dan Lampung.

“Sebagai respons, Sri Mulyani melakukan modernisasi respons negara tersebut terhadap bencana alam melalui pembiayaan risiko bencana dan strategi asuransi baru,” tulis the Banker.

Strategi tersebut akan mengasuransikan seluruh bangunan publik mulai 2019, melindungi, dan membantu percepatan pemulihan pasca-bencana, ungkapnya.

Selain itu, majalah tersebut juga menyebutkan tragedi kecelakaan pesawat Lion Air yang menewaskan 21 pegawai kementerian.

“Sementara bergulat dengan tragedi kemanusiaan, negara ini masih mencatatkan pertumbuhan yang mengesankan. Sehingga defisit produk domestik bruto untuk 2018 diperkirakan sekitar 1,86%, lebih rendah dibandingkan 2,19% yang diperkirakan dalam Anggaran Negara 2018,” tulis the Banker.

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde spontan menyampaikan rasa gembira dan penghargaan kepada kawan baiknya tersebut.

“Selamat untuk teman terkasih saya Sri Mulyani Indrawati dari Indonesia karena dinobatkan sebagai Finance Minister of the year oleh the Banker. Luar biasa. Sangat layak. @KemenkeuRI,” tulis Lagarde melalui akun Twitter-nya.

Sebelumnya, Sri Mulyani juga dinobatkan oleh majalah Global Markets sebagai menteri keuangan terbaik pada tahun 2018.

Anugerah Finance Minister of the Year East Asia Pacific itu diberikan atas kinerjanya mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang dinilai lebih menantang dibandingkan saat ia kali pertama menjabat lebih dari 10 tahun lalu.

Kebijakan Sri Mulyani dianggap kredibel dan efektif, seperti dikutip dari siaran pers kementerian. Penghargaan tersebut diberikan di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-WBG Bali 2018 (IMF-WB Annual Meetings) di Nusa Dua, Bali, Oktober lalu.

Berita Terkait
Komentar
Terkini