Komunitas Jurnalis Berbagi Galang Dana Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Gabungan Jurnalis Perempuan di Makassar #KitaBerbagi: Sediakan Makanan untuk Medis hingga Warga

Terkini.id, Makassar – Pandemi virus Corona tak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga sektor kehidupan lain, termasuk ekonomi.

Hal itu karena dilakukannya isolasi mandiri di rumah demi memutus mata rantai Corona sehingga menimbulkan masalah perkonomian bagi masyarakat menengah ke bawah.

Maka tak salah jika Banyan masyarakat bergerak membantu pemerintah untuk penanganan dampak virus Corona tersebut.

Salah satunya dilakukan sejumlah jurnalis di Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Berbagi dengan

menggalang donasi berupa sembako untuk masyarakat kelas menengah ke bawah dan benar-benar memprihatinkan.

Baca juga:

Koordinator Komunitas Jurnalis Berbagi, Echa Panrita Lopi mengatakan donasi sembako untuk warga prasejahter tersebut merupakan lanjutan dari aksi jurnalis berbagi yang sebelumnya.

Menurutnya, jika sebelumnya, Komunitas Jurnalis Berbagi telah sukses menyalurkan beberapa bantuan, baik itu APD ke sejumlah rumah sakit dan medis, makanan ke petugas medis di beberapa rumah sakit, nasi kotak ke daeng becak, pemulung, ke rekan jurnalis yang meliput di lapangan bahwa ke relawan juga.

“Alhamdulillah aksi untuk donasi sembako buat warga prasejahter ini merupakan lanjutan dari aksi sosial sebelumnya.Ini kami lakukan karena banyaknya masyarakat yang terdampak Covid-19, oleh karena itu, kami yang di lapangan sangat tau betul bagaimana kondisi masyarakat di lapangan,” beber redaktur terkini.id ini.

Sementara itu, Andi Hajramurni koresponden The Jakarta Post yang juga tergabung dalam komunitas tersebut mengatakan aksi berbagi di tengah bencana bawah Corona ini akan menjadi perhatian siapa saja tanpa terkecuali bagi jurnalis.

Ia juga menyebutkan sumber dana dari aksi berbagi ini berasal dari donasi dari teman-teman jurnalis juga dan masyarakat umum banyak yang merasa terpanggil untuk ikut berbagi melalui gerakan Komunitas Jurnalis Berbagi.

“Kami sementara menyiapkan paket sembakonya. Pembagianya kami lakukan survei dulu dan nantinya akan diberikan kepada masyarakat menengah ke bawah seperti pengemudi ojol, tukang bentor, daeng becak, sopir pete-pete atau taksi, tukang bangunan, pemulung, dan dhuafa lainnya yang membutuhkan,” urainya.

Ia juga menyebutkan paket sembako yang akan diberikan berupa beras, gula pasir, teh, minyak goreng, telur, Indomie, sabun cuci atau sabun mandi dan lainnya. Dan buat masyarakat yang mau berdonasi, kami membuka donasi dana atau paket sembako bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan.

Pemberian paket sembako tersebut akan dilakukan di Kota Makassar dan sekitarnya. Kami akan menyasar sejumlah titik yang benar-benar membutuhkan,” beber salah satu jurnalis senior perempuan di Sulsel ini.

Galang donasi sembako untuk warga terdampak Covid-19

Ajra juga berharap agar masyarakat dapat bahu-membahu membantu kaum dhuafa yang terdampak virus Corona tersebut.

“Ayo, kita bergerak bersama untuk saling meringankan masalah warga prasejahtera di tengah wabah virus corona. Ucapan terima kasih juga kepada rekan-rekan jurnalis yang mau ikut meluangkan waktu dan tenaganya membantu mereka,” harapnya.

Diketahui saat ini jurnalis yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Berbagi ini, diantaranya Makassar Terkini, Koresponden The Jakarta Post, Radar Selatan, radio Raz FM, Upeks, Layar News, Fajar, Rakyatku, Kompas TV, Koran Makassar, dan beberapa relawan lainnya.

Komentar

Rekomendasi

Eratkan Silaturahmi di Tengah Pandemi, DPP KKB Gelar Halal Bihalal Virtual

Pj Wali Kota Makassar Ramaikan Lebaran Virtual Smansa 89 Makassar

Gladian Nasional Pecinta Alam Indonesia XV Resmi Ditunda

Kandaya Squad: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Ungkapan Syukur Hut 30 Tahun, HDCI Cabang Makassar Bersatu Berbagi di Tengah Pandemi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar