Kondisi TPI Paotare Memperihatinkan, Ini Rencana Pemkot Makassar

Kepala DP2 Kota Makassar Abdul Rahman Bando

Terkini.id, Makassar – Kondisi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paotere di Kecamatan Ujung Tanah begitu memprihatinkan. Padahal retribusi yang disetorkan ke pemerintah setempat lumayan besar.

Berdasarkan pantauan, kondisi TPI Paotere becek, kotor, dan kondisi parkiran semrawut bahkan terlihat beberapa bangunan sudah tidak layak pakai. Sejumlah masyarakat dan pedagang yang beraktivitas pun mengeluhkan hal tersebut.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Kota Makassar berjanji bakal melakukan pembenahan, baik dari fasilitas maupun fisik bangunan.

Kepala DP2 Kota Makassar Abdul Rahman Bando mengatakan perbaikan kondisi TPI Paotere akan dilaksanakan tahun ini. Terutama pada bagian atap bangunan.

Pekerjaan perbaikan kondisi TPI tersebut, kata Rahman, menjadi perhatian DP2. Terlebih, hal itu sudah menjadi instruksi Pj Wali Kota Makassar.

Menarik untuk Anda:

“Berdasarkan instruksi dari pak wali, renovasi bangunan di Paotere ini rencananya akan dilakukan di tahun 2020. utamanya di bagian atap terlebih dahulu, namun saat ini CCTV dan perangkat lainnya sudah dipasang,” kata Rahman, Jumat, 17 Januari 2020.

Sementara itu, Pj Wali Kota Makssar M Iqbal Samad Suhaeb mengakui buruknya kondisi TPI Paotere saat ini.

Iqbal bercerita bahwa kondisi TPI Paotere benar seperti yang diperbincangkan masyarakat sehingga perlu dilakukan pembenahan secepatnya.

Dia menyebut telah mengintruksikan DP2 Kota Makassar agar membenahi dan melakukan renovasi bangunan, terutama pada kondisi jalan yang becek.

“TPI Paotere ini memang perlu segera direnovasi. Atapnya sudah sangat tidak memungkinkan. Tetapi kita sudah instruksikan dinas terkait segera membenahinya,” tutur Iqbal.

Selain itu, Iqbal juga berharap lapak ikan para pedagang diperhatikan, dengan tidak dibiarkan disimpan di lantai begitu saja.

“Perlu ada wadah bersih agar terkesan lebih segar dan higienis,” ungkapnya.

Sementara Camat Ujung Tanah, Andi Unru mengaku TPI Paotere sempat dilakukan renovasi pada tahun 2015 lalu. Ia berharap setelah beberapa tahun berlalu TPI itu kembali direnovasi.

Dengan adanya renovasi dan perbaikan struktur TPI, hal itu bakal memperlancar transaksi jual beli ikan serta menambah kenyamanan masyarakat saat menginjakkan kaki di tempat tersebut.

“Paotere ini sebenarnya sudah direnovasi di tahun 2015 lalu namun karena letaknya berdekatan dengan lautan jadi kondisi bangunannya mudah karatan. Semoga segera direnovasi dalam waktu dekat ini,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Dana Covid-19 Tak Transparan, DPRD Makassar Akan Selidiki Sisa Anggaran

Paham Masalah Pertanian, Ini Janji Appi-Rahman Jika Diamanahkan Pimpin Makassar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar