Konfederasi SPSI Luwu Terbentuk, Hidayat: Kami Siap Wujudkan Kemerdekaan Berserikat Pekerja

Terkini.id, Belopa — Pengurus Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Luwu, resmi terbentuk, akhir Februari 2020 kemarin. Organisasi buruh dan tenaga kerja ini resmi menunjuk saudara Hidayat Jaya A.Md, M.Mar.E selaku ketua. Masa kerja 2020-2025.

Dikatakan Hidayat Jaya, organisasi ini dibentuk dengan koordinasi dewan pimpinan pusat (DPP) dan dewan pimpinan daerah (DPD) KSPSI. “Alhamdulillah, jumat kemarin kami sudah melakukan koordinasi dengan Muspida terkait. Ini dilakukan untuk menginformasikan bahwa KSPSI Kabupaten Luwu terbentuk dan sah dengan adanya SK dari DPD baru-baru ini,” sebut Hidayat Jaya.

Ke depannya, KSPSI Kabupaten Luwu, sebutnya, akan melakukan komunikasi dengan para pekerja dan juga perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan buruh atau tenaga kerja. “Kita inginkan agar semua buruh dan tenaga kerja mendapatkan haknya. Tidak hanya itu, buruh dan pekerja juga akan kami edukasi tentang kewajibannya dalam bekerja. Tentunya dengan berlandaskan pada aturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

KSPSI Kabupaten Luwu ini jelas Hidayat Jaya, akan berkantor di Kecamatan Bua. Hal itu dilakukan karena di kecamatan ini terdapat sejumlah perusahaan yang mempekerjakan ribuan buruh atau tenaga kerja. “Selain KSPSI, kami juga sudah membentuk Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI). Dibentuknya KSPSI dan SPTI ini untuk mewujudkan kemerdekaan berserikat bagi kaum pekerja Indonesia yang bersifat;bebas, terbuka, mandiri, demokratis, profesional dan bertanggungjawab dengan tujuan mewujudkan kehidupan pekerja Indonesia dan keluarganya yang sejahtera, adil dan bermartabat dengan cara memperjuangkan, melindungi, membelahak-hak dan kepentingan pekerja, meningkatkan Sumber Daya Manusia, demi terciptanya hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan,” tandas Hidayat Jaya.

Baca juga:

Untuk diketahui, Pengurus KSPSI dan SPTI Kabupaten Luwu telah malaporkan keaktifan mereka dalam memberikan perlindungan kepada buruh dan pekerja sejak, Jumat (29/02/2020) di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Luwu serta Polres Luwu. Rencananya, dalam waktu dekat akan bersilaturrahmi ke Bupati Luwu, DPRD Luwu, dan instansi vertikal terkait lainnya.

Komentar

Rekomendasi

Banjir Bandang di Luwu Utara, 81 Kepala Keluarga Terdampak

Gubernur Sulsel Tinjau Dapur Umum Pasko Covid-19 Luwu, Sajikan Menu Buka Puasa

Bupati Indah Beli 5 Ton Beras Gapoktan Pakai Uang Pribadi untuk Dibagikan ke Warga

Lihat Serunya Wagub Andi Sudirman Bermain Suppi-suppi dan Berenang di Sungai Maipi

PP Pemilar Apresiasi Pengangkatan Indratmoko Sebagai Kapolres Luwu Timur

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar