Korea Utara Umumkan Kim Jong Un Masih Hidup dan Sehat

Kim Jong Un
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (foto/indianexpress.com)

Terkini.id, Seoul – Setelah ramai kabar Kim Jong Un meninggal dunia, akhirnya Pemerintah Korea Utara mengumumkan bahwa pemimpin tertinggi negeri komunis itu masih hidup.

Penasihat kebijakan luar negeri utama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Moon Chung-in menyatakan Kim Jong Un dalam keadaan sehat. 

“Posisi pemerintah kita tegas. Kim Jong Un masih hidup dan sehat. Dia telah tinggal di daerah Wosan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi,” kata Moon Chung-in, seperti dilansir CNN, Minggu 26 April 2020.

Berbagai pertanyaan tentang kondisi Kim Jong Un muncul setelah dia melewatkan perayaan ulang tahun kakeknya Kim Il Sung, pendiri rezim – hari paling penting dalam kalender politik Korea Utara pada 15 April lalu. Media pemerintah Korea Utara, KCNA, menyebut Kim terlihat empat hari sebelumnya pada pertemuan politbiro.

Laporan CNN pada awal minggu menyebutkan Amerika Serikat tengah memantau intelijen dan seorang pejabat AS menyatakan bahwa Kim “dalam bahaya besar setelah operasi”. Seorang pejabat AS lainnya menyatakan kekhawatiran tentang kesehatan Kim bisa dipercaya, namun sulit dinilai tingkat keparahannya.

Menarik untuk Anda:

Daily NK, media yang sebagian besar dijalankan oleh para pembelot Korea Utara, kemudian melaporkan Kim menjalani prosedur kardiovaskular karena “merokok berlebihan, obesitas, dan terlalu banyak pekerjaan” awal bulan ini dan sedang menjalani masa pemulihan di sebuah villa di provinsi Pyongyang Utara.

Proyek pemantauan yang bernama 38 North itu, dalam laporannya mengungkapkan, kereta api yang diduga milik Kim itu diparkir di sebuah stasiun yang disediakan untuk keluarga Kim di Wonsan pada 21 April dan 23 April.

Kendati demikian 38 North mengingatkan bahwa penampakan kereta api itu ‘tidak membuktikan keberadaan pemimpin Korea Utara atau menunjukkan apa pun tentang kesehatannya’.

Kompleks Wonsan, menurut 38 North, termasuk fasilitas rekreasi, meliputi 9 wisma besar, pusat rekreasi, bangunan besar yang dibangun setelah Kim berkuasa, pelabuhan, lapangan tembak, gedung rekreasi, dermaga tertutup, dan landasan pacu kecil yang dikonversi pada tahun 2019 menjadi jalur untuk menunggang kuda, seperti hobi Kim.

Daerah tepi pantai, tempat Kim menghabiskan musim panas di masa kanak-kanak, adalah tempat yang sering dikunjungi pemimpin Korea Utara itu. Kim, bagaimanapun, sering bepergian dengan pesawat atau berkendara ke Wonsan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tenaga Honorer Diangkat Jadi Pegawai Pemerintah, Basri Rakhman: Ada 8.400 di Makassar

Dikunjungi Appi, Warga Lanraki Harap Lorong Jadi Perhatian

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar