Kota Makassar Siap Tampung Pengungsi dari Sulbar

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar siap menampung pengungsi dari Sulawesi Barat yang terdampak akibat gempa. Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin mengatakan akan memberikan pelayanan yang baik terhadap para pengungsi.

“Jadi kita harus dukung. Kasian saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan di daerah lain,” kata Rudy, Senin, 18 Januari 2021.

Menurutnya, selama Makassar bisa membuat nyaman pengungsi dari Sulbar, maka pemerintah kota akan menyediakan fasilitas tempat tinggal.

“Kita siapkan fasilitas untuk menjamin bahwa pengungsi itu bisa tinggal nyaman dan sehat,” ujar Rudy.

Mungkin Anda menyukai ini:

Kendati siap menampung dan tak punya alasan untuk menolak, Namun Rudy menegaskan para pengungsi terlebih dahulu akan mengikuti beberapa rangkaian tes untuk memastikan terbebas dari Covid-19.

Baca Juga: Pimpin Makassar Selama 8 Bulan, Pj Rudy: Saya Tak Pernah...

“Kita akan terima, tetapi tentu yang terpenting protokol kesehatan harus kita jaga,” kata dia.

Lantaran situasi pandemi, dan Makassar menjadi salah satu pusat episentrum penularan Covid-19 di Sulsel, Rudy menyatakan terlebih dahulu para pengungsi harus di screening. Termasuk melakukan pemeriksaan rapid tes antigen. 

“Bagi pengungsi yang masuk itu sebaiknya dilakukan untuk memastikan pengungsi itu masuk dalam kondisi bebas Covid-19 atau bebas dari terpapar Corona,” ungkapnya.

Bagikan