KPK Kalah Lagi, MA Kuatkan Putusan Vonis Bebas Sofyan Basir Eks Dirut PLN

Sofyan Basir

Terkini.id, Jakarta – Putusan vonis bebas Sofyan Basir eks Direktur Utama PT PLN (Persero) dikuatkan oleh Mahkamah Agung.

Mahkamah Agung (MA) telah menolak kasasi yang diajukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas putusan bebas mantan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tersebut.

Majelis hakim menyebut putusan yang dijatuhkan pengadilan tingkat pertama, sudah tepat.

“Permohonan kasasi penuntut umum ditolak, karena menurut Majelis Hakim Kasasi, putusan judex facti atau Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat tidak salah dalam menerapkan hukum,” kata Juru Bicara MA, Andi Samsan Nganro dikonfirmasi awak media, Rabu, 17 Juni 2020 dikutip dari vivanews.

Andi mengungkapkan, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta sudah tepat dan benar dalam mempertimbangkan penerapan hukum. Majelis Hakim diketahui memvonis Sofyan Basir tidak terbukti terlibat membantu melakukan tindak pidana suap terkait kesepakatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang Riau-1.

Menarik untuk Anda:

“Lagi pula alasan kasasi penuntut umum sudah merupakan fakta dan penilaian hasil pembuktian. Atas dasar dan alasan tersebut, Majelis Hakim Kasasi dengan suara bulat menyatakan permohonan kasasi penuntut umum harus ditolak. Perkara diputus pada hari Selasa, 16 Juni 2020,” kata Andi.

Sebelumnya, KPK mengajukan kasasi terhadap vonis Pengadilan Tipikor Jakarta yang membebaskan mantan Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basir, pada Jumat, 15 November 2019.

KPK menilai banyak poin-poin krusial sebagaimana di dalam dakwaan dan tuntutan jaksa yang tidak dipertimbangkan majelis hakim.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Terpilih Sebagai Komisioner KIP, Andhika Mappasomba: Ini Amanah Masyarakat

Rupanya Susi Sudah Berkali-kali Ingatkan Menteri Edhy Prabowo

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar