Kukuhkan 125 Wisudawan, Ketua STIK Tamalatea Ingatkan Tentang Dunia Nyata

STIK Tamalate
Kukuhkan 125 Wisudawan, Ketua STIK Tamalatea Ingatkan Tentang Dunia Nyata

Terkini.id, Makassar – Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea Makassar Rahmawati Azis mengukuhkan 125 wisudawan. Adapun rinciannya, Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas) sebanyak 106 orang dan Program Studi S2 Kesmas sebanyak 19 orang.

“Lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab STIK Tamalatea Makassar kepada bangsa dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama STIK Tamalatea Makassar,” ujar Rahmawati, Selasa 3 September 2019.

Pada kesempatan itu, Rahmawati mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di STIK Tamalatea Makassar. Ia mengatakan bahwa secara umum mahasiswa dipandang sebagai kelompok elite suatu negara dan bangsa.

“Dimana pun di muka bumi ini, mahasiswa adalah investasi masa depan bagi negara dan bangsanya. Nasib negara dan bangsa di masa depan sangat tergantung pada bagaimana mahasiswa itu dididik saat ini,” paparnya.

Rahmawati mengatakan, saat berstatus sebagai mahasiswa, para sarjana memikul tanggung jawab akademik. Lantas, kata dia, ketika sudah menjadi sarjana, maka tanggung jawab sosial berada di pundak mahasiswa.

“Tentu saja, setiap individu mengemban tanggung jawab sosial, dan setiap warga negara Indonesia mengemban tanggung jawab untuk menjaga kehormatan dan kedaulatan negara kesatuan,” ungkapnya.

Kendati begitu, ia mengingatkan ihwal tanggung jawab seorang sarjana yang lebih luas lantaran ilmu yang dia miliki. Selama di kampus, kata dia, perbedaan menjadi satu keniscayaan.

“Tetapi dibalik perbedaan tersebut, para mahasiswa dan akademisi diikat oleh prinsip pemersatu, yakni prinsip menjunjung tinggi kebenaran ilmu,” ungkapnya.

Ia pun mengingatkan wisudawan saat nantinya masuk ke dunia nyata. Ia memberi gambaran tentang perjumpaan dengan mitra-mitra atau kolega-kolega dari bidang-bidang yang berbeda.

“Di sini, keterbukaan atas perbedaan menjadi sikap yang sangat penting,” bebernya.

Dengan bersikap terbuka, kata dia, permasalahan di dunia nyata dapat terlihat melalui keanekaragaman perspektif. Hal ini, kata dia, pada gilirannya akan memperkaya kemampuan diri.

“Kami harap pengalaman Anda selama belajar di STIK dan STIPAR Tamalatea telah menambah kematangan intelektual Anda. Saudara pada hari ini secara legal diakui telah memiliki keahlian tertentu sesuai dengan gelar akademik yang tercantum di belakang nama Anda,” ungkapnya.

Ia berharap nama gelar baru tersebut mampu menggambarkan kompetensi pada bidang yang telah wisudawan geluti.

“Saya juga ingin berpesan bahwa untuk seterusnya nama STIK Tamalatea juga tetap melekat dalam kehidupan saudara. Saya percaya bahwa anda akan dapat menjaganya dengan baik. Jangan lupa bahwa masyarakat telah menunggu karya-karya nyata saudara,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegitan tersebut, Andi Zulkifli selaku pembawa orasi ilmiah, Ketua Yayasan Pendidikan Tamalatea Makassar, Ketua dan Anggota Senat STIK Tamalatea Makassar, pejabat di lingkungan STIK Tamalatea Makassar, dosen, pembimbing, staf, dan tamu undangan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

AJI Gelar Pelatihan Pengecekan Fakta di 20 Kota

Terkini.id, Makassar - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bekerja sama dengan jaringan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) dan beberapa kampus, menyelenggarakan Halfday Workshop Hoax Busting
Kampus

Pascasarjana Unifa Sambut Puluhan Mahasiswa Baru

Terkini.id,Makassar - Fakultas Pascasarjana Universitas Fajar (Unifa) secara resmi menerima mahasiswa baru untuk Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Magister Manajemen Stratejik dan Magister Rekayasa