Reuni IKA STIK Tamalatea Bahas Kesehatan Masyarakat di Era 4.0

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea Makassar menggelar reuni dengan mengangkat tema
Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea Makassar menggelar reuni dengan mengangkat tema "Kualitas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) untuk Indonesia Sehat"

Terkini.id, Makassar- Setelah berdiri selama 24 tahun, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea Makassar menggelar reuni dengan mengangkat tema “Kualitas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) untuk Indonesia Sehat”.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIK Tamalatea Diana Mirza Togubu sekaligus Ketua Panitia reuni menjelaskan, dirinya belum pernah melakukan kegiatan serupa sebelumnya. Padahal, kata dia, STIK Tamalatea sudah eksis begitu lama.

“Untuk itu kita merasa perlu untuk membangun silaturahmi dengan alumni dan memperluas lagi jejaring kita,” kata Diana kepada Terkini.id, Minggu 8 September 2019.

Dia mengatakan, proses persiapan reuni hanya membutuhkan waktu selama dua bulan. Dengan waktu singkat tersebut, panitia mampu melakukan kegiatan yang begitu meriah.

“Karena kita koordinasi dengan masing-masing angkatan, dan seluruh panitia. Peserta hari ini berjumlah 500 orang lebih, meski kita menarget 650 orang,” katanya.

Diana mengatakan, reuni 24 tahun STIK Tamalatea diisi dengan kegiatan  jalan santai, donor darah, sambutan-sambutan, hingga bincang alumni. Ia mengatakan saat perbincangan dengan alumni yang menjadi pembahasan soal 4.0.

“Yang menjadi perbincangan yakni Kesmas dalam tantangan 4.0. Itu kita perlu untuk menyongsong revolusi industri,” ungkapnya.

Ia mengatakan, tahun depan, Kesmas STIK Tamalatea bisa bertransformasi dan berinovasi untuk  bisa bersaing dengan dunia luar.

Pada reuni kali ini, ia mengatakan selain mengeratkan silaturahmi antara alumni dengan institusi. Dia menyebut ada sesuatu yang diciptakan dan menjadi bahan masukan buat generasi selanjutnya. Perlu menjadi pribadi yang menantang.

“Output-nya kemudian bisa terjalin kerjasama dengan instansi lain dan juga menghidupkan IKA STIK Tamalatea,” paparnya.

Ia berharap STIK Tamalatea tetap jaya dengan akreditasi B saat ini. Tentu saja, kata dia, bisa bersaing dengan kampus lain dalam hal keilmuan.

“Lebih menciptakan mahasiswa yang unggul sesuai dengan harapan alumni yang tengah berasal dari berbagai daerah dan sukses semua,” ungkapnya.

Sementara, Direktur Pascasarjana Eha Sumantri bercerita, bahwa dirinya merasa bangga, lantaran sudah banyak alumni STIK Tamalatea memiliki karir bagus. Melebihi dosennya.

“Kami bangga karena alumni mampu melebihi kami,” ungkapnya.

Ia pun menginformasikan bahwa STIK Tamalatea untuk S2 baru-baru ini telah melakukan akreditasi dan mendapat nilai B. Hal itu menunjukkan bahwa STIK mampu melaksanakan program pengajaran.

“Mudah-mudahan SDM Kesmas bisa semakin meningkat melalui peran alumni,” ungkapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

HMJ Matematika FMIPA UNM Gelar Workshop PKM 2019

Terkini.id,Makassar - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) helat Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)