Kunjungi GDP, Wamen LHK Beri Nama Anak Macaca Maura

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Gowa Discovery Park

Terkini.id, Makassar– Kunjungan kerja hari kedua Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong, SE., M.Sc., Ph.D  dan rombongan diawali dengan diskusi bersama Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sularman di Rumah jabatan, pukul 07.00 Wita dengan agenda penting strategis dalam pengelolaan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati, lingkungan, dan pengembangan wisata bertaraf internasional di Sulawesi Selatan. Rabu 14 Oktober 2020.

Usai pertemuan dengan jajaran pemerintah Provinsi Sulsel,  Wakil Menteri bersama rombongan melakukan kunjungan ke  Lembaga Konservasi (LK) Gowa Discovery Park di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Kunjungan didampingi Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi  dan Maluku,  Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, dan beberapa kepala UPT lingkul KLHK,  juga hadir Sekertaris Daerah  Kabupaten Gowa dan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, serta Manajer LK Gowa Discovery Park.  

Kepala Balai Besat KSDA Sulsel, Thomas Nifinlusri menjelaskan, Wakil Menteri meninjau langsung kondisi satwa, fasilitas kandang, pakan, dan obat-obatan kesehatan satwa, serta fasilitas protokol pencegahan covid-19 di Gowa Discovery Park.

“Ditengah-tengah kunjungan bapak Wakil Menteri KLHK Dr. Alue Dohong juga memberikan nama kepada bayi Macaca Maura atau monyet hitam Sulawesi yang baru lahir di Gowa Discovery Park dengan nama Croni Damara,” tambah Thomas.

Dalam diskusi bersama Sekda Kabupaten Gowa dan Manager Gowa Discovery Park Wakil Menteri LHK Dr. Alue Dohong mengatakan, terimakasih kepada Pemda Kabupaten Gowa dan teman-teman UPT KLHK dalam bantuannya kepada LK yang tidak beroperasi selama pandemic Covid-19 baik berupa Pakan Satwa dan berbagai jenis bantuan lainnya. 

Menarik untuk Anda:

“Kami dari kementerian akan memberikan bantuan melalui program Penguatan Ekonomi Nasional (PEN) yang didalamnya ada bantuan subsidi subsidi termasuk pakan satwa, ” ujarnya. 

“Harapan kita semua LK, TN dan TWA bisa beraktivitas kembali jadi masyarakat kita bisa kembali lagi mendapatkan pekerjaan dan tentunya berpengaruh pada pendapatan daerahnya dan tolong penerapan protocol covid-19 diterapkan salah satunya dengan 3 M, memakai masker dengan benar, menjaga jarak minimal 1,5 meter, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin,”Jelas Alue
Bertolak dari Gowa Discovery Park di Kabupaten Gowa, Wakil Menteri KLHK beserta rombongan melakukan diskusi kerja di Kantor Balai Diklat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Makassar bersana Kepala UPT lingkup KLHK.  

Dalam diskusi kerja tersebut Wakil Menteri Dr. Alue Dohong memgatakan  “Bapak, ibu Kepala UPT KLHK Se-Sulawesi Selatan mengharapkan wajah-wajah KLHK lebih ditampakkan karena apapun yang kita lakukan di daerah, mempretasikan wajah kami di pusat. Jadi kalau ada yang tidak baik maka KLHK juga tidak baik, katanya. 

“Mulai dari Bu Menteri, Wamen dan jajarannya juga tidak baik tapi kalau ada yang bagus dan berprestasi maka kami juga ikut bagus,” tegas Wamen.
 
Kemudian Alue Dohong menjelaskan, Chalenge kita, tantangan kita saat ini semakin besar apa lagi kita sedang mensosialisasikan undang-undang Cipta Kerja yang baru.

“Dalam isu-isu terbaru sekarang ini yang terkait dengan undang-undang nomor 32 tentang lingkungan hidup dan nomor 41 tentang Kehutanan yang seolah-olah semuanya dihilangkan. Jadi kita akan buatkan satu narasi tunggal yang nanti para Kepala Balai dan UPT menjadi corong informasi KLHK mensosialiasikan Undang-undang Cipta Kerja yang baru dengan cara yang benar supaya orang paham, paham secara subtansif, legal dan regulasi khususnya terkait undang undang, 32, 41 dan 19, ” tambahnya.

Alue Dohong memgucapkan berterima kasih dan memberi senyum, semangat serta sukses. “Tidak boleh putus asa dan menerapkan 3 M,” tutup Wamen LHK.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

GenBI Sukseskan GGS, ini karya mereka!

Mahasiswa UNM Kecam Pemkab Bone Masalah Perlindungan dan Keselamatan Lingkungan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar