Lewat Layanan OSS, PLUT Sulsel Fasilitasi Penerbitan NIB UMKM

PLUT Sulsel
Lewat Layanan OSS, PLUT Sulsel Fasilitasi Penerbitan NIB UMKM

Terkini.id, Makassar – Puluhan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) yang bergabung dalam komunitas Pammode Makassar mengikuti sosialisasi perizinan usaha di PLUT Sulsel, Selasa,17 Maret 2020.

Dalam kegiatan ini, konsultan dan pendamping KUMKM PLUT mensosialsasikan sekaligis memfasilitasi Penerbitan NIB, IUMK dan SPPL para pelaku usaha.

Saat ini untuk mendapatkan NIB, IUMK dan SPPL melalui satu pintu layanan saja melalui OSS atau Online Single Submission dioss.go.id

Kegiatan yang diikuti 20 pelaku UMKM ini dihadiri Koordinator Konsultan PLUT, Bahrul Ulum Ilham, Konsultan Pemasaran, Salman Sahmad dan Konsultan Produksi, Aly Anwar.

Koordinator Konsultan PLUT, Bahrul Ulum Ilham menyebutkan, dengan mendaftarkan izin usaha UMKM punya legalitas sebagai salah satu upaya menurunkan resiko tersandung kasus hukum dan peluang mendapatkan permodalan terbuka lebar.

Baca juga:

Ditambahkannya, saat ini setiap pengusaha harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), termasuk usaha mikro. Nomor Induk Berusaha (NIB) berfungsi juga sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan akses kepabeanan.

“Pengusaha mikro juga dapat mengurus Izin Usaha bagi pelaku Usaha Mikro (IUMK) yang diberikan tanpa komitmen, artinya begitu terbit Nomor Induk Berusaha (NIB) sekaligus terbit IUMK,” tambahnya.

“Pelaku usaha mikro juga yang kegiatan usahanya tidak wajib memiliki UKL-UPL dan/atau kegiatan yang tidak wajib memiliki Amdal, cukup membuat surat pernyataan kesanggupan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup (SPPL),” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Pasien Covid-19 di Kabupaten Akan Dirujuk ke Makassar

Update 29 Mei Pasien Corona Covid-19 di Sulsel

TP PKK Sulsel Inisiasi Program Pengembangan Talas dan Budidaya Tanaman Pangan di GOR Sudiang

Gubernur Siapkan Pesawat Hercules Jemput TKI Asal Sulsel di Kalimantan Barat

Gubernur Sulsel Tegaskan Mal Ditutup

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar