Diskop UKM Sulsel-Telkomsel Kolaborasi Pacu Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi

Terkini.id, Makassar – Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan pihak Telkomsel dalam mendukung digitalisasi pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di masa pandemi.

Kolaborasi ditandai kerjasama fasilitasi aplikasi 99% usahaku dari Telkomsel dan pemberian kuota gratis dari Diskop Provinsi Sulawesi Selatan kerjasama dengan Telkomsel

Peluncuran program ditandai webinar bersama pelaku UMKM, Sabtu, 26 Desember 2020 yang dibuka kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, H. Abd. Malik Faisal. 

Baca Juga: Telkomsel Jadi Penyumbang Pajak Terbesar KPP Wajib Pajak Besar Empat,...

Hadir pula mewakili Telkomsel ibu Melly selaku AM SME Telkomsel Coordinator Sulawesi dan konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sulsel Abdul Malik Faisal mengatakan, transformasi digital saat ini menjadi keniscayaan dan sangat diperlukan apalagi di masa pandemi.

Baca Juga: 2021, Telkomsel Pamasuka Lanjut Program Tukar POIN dengan Lebih Banyak...

“Digitalisasi membantu UMKM meningkatkan efisiensi dan produktivitas, juga memperluas jaringan pemasaran,” katanya.

“Saat ini dari  64 juta UMKM di Indonesia baru 13 persen atau 8 juta UMKM yang masuk ke ranah digital, sehingga jadi pekerjaan rumah semua pihak dalam mendorong UMKM agar bisa go digital,” tambahnya.

Sementara itu, Melly selaku AM SME Telkomsel Coordinator Sulawesi mengatakan, 99% Usahaku adalah platform atau aplikasi yang diluncurkan oleh Telkomsel untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar lebih efisien, maju, dan berkembang lewat solusi digital yang ditawarkan oleh Telkomsel dan mitra Telkomsel yang terdaftar di aplikasi.

Baca Juga: Telkomsel Terus Ajak Pelanggan Migrasi ke USIM 4G, Bisa Dapat...

“99% Usahaku dapat membantu pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mengembangkan usahanya melalui Teknologi, Produk, Solusi, dan Pembelajaran Digital yang tersedia,” tambahnya.

Melly juga menekankan pentingnya menciptakan ekosistem digital sehingga seluruh UMKM dan stakeholder bisa berbagi, akses pasar, peningkatan kapasitas pengembangan usaha, meningkatkan kualitas produk dan lain-lain. 

“Sengan kondisi pandemi Covid-19 ini para pelaku UMKM harus memanfaatkan momentum ini dengan segera masuk pasar digital,” tandasnya.

Sponsored by adnow
Bagikan