Masuk

Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh Gelar Benchmarking di Luwu Timur

Komentar

Terkini.id, Luwu Timur – Mahasiswa Program Studi  Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar melakukan benchmarking di kabupaten Luwu Timur, Selasa 7 Juni 2022. 

Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar, Dr. Nuryanti Mustari, S.IP., M.Si menyatakan bahwa kegiatan benchmarking ini adalah kegiatan unggulan di Prodi Ilmu Pemerintahan yang membedakan dengan Kampus lain dan Prodi-prodi yang ada di Kampus Universitas Muhammadiyah itu sendiri.

“Kegiatan ini mengusung tema “Collaborative Governance Dalam Pengelolaan Lingkungan Pada Kawasan Pertambangan PT. Vale Indonesia Tbk di Kabupaten Luwu Timur”,”bebernya.

Baca Juga: Kesan Puteri Indonesia Dini Nurfitri Widjaya Hadiri Pekan Budaya Tana Luwu

Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Timur Drs.H. Bahri Suli, MM, dan beberapa perwakiln dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari pemerintah setempat. Dimana kehadiran Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) yang ingin melakukan penelitian ke OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan PT. Vale Indonesia Tbk yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

“Jadi mahasiswa kami meminta data yang bisa dijadikan bahan untuk penelitian yang akan menghasilkan berupa terbitan jurnal,”tuturnya. 

Baca Juga: Bahas Kepemimpinan Mahasiswa, BEM FK Unismuh Gelar Webinar LKMM-SK 2020

Kemudian, tidak hanya di OPD mahasiswa Ilmu Pemerintahan ini pun akan melakukan kegiatan mulai dari tanggal 7 hingga 9 Juni 2022. 

Adapun 17 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang akan diteliti yaitu :
1. Dinas Pendidikan 
2. Dinas Kesehatan
3. Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga
4. Dinas Pertanian
5. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
6. PT. Vale Indonesia Tbk
7. Dinas Lingkungan Hidup
8. Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
9. Badan Pendapatan Daerah
10. Badan Pennaggulangan Bencana Daerah
11. DPRD Luwu Timur
12. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
13. Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan Perindustrian
14. Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
15. Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan
16. Kelurahan Magani
17. Desa Sorowako

Hal ini menjadi tantangan bagi Kabupaten Luwu Timur untuk memperlihatkan bagaimana Good Governance yang ada di Kabupaten Luwu Timur. 

“Dengan adanya kegiatan dari mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Makassar ini semoga dapat membantu pemerintahan Kabupaten Luwu Timur mewujudkan Collaborative Governance Dalam Pengelolaan Lingkungan Pada Kawasan Pertambangan PT. Vale Indonesia Tbk di Kabupaten Luwu Timur berjalan dengan semestinya,”tandasnya.

Baca Juga: PT Vale Serahkan Bantuan ke Pemprov Sulsel Untuk Menangani Covid-19

Citizen Repoerter : Kelompok VI (Enam) Benchmarking 2022 Universitas Muhammadiyah Makassar.