Mahasiswa UIM Asal Enrekang Ini Mengajak Pemuda Untuk Menjaga Adat dan Budaya

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar-Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan budaya. Masing-masing suku yang tersebar di 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Memiliki ciri khas masing-masing terhadap budaya yang mereka anut seperti adanya perbedaan berpakaian adat, tari tradisonal dan rumah adat.

Atas kemajemukan tersebut, Ibe Mahasiswa UIM asal Enrekang memberikan tanggapannya, Baju adat atau yang biasa disebut pakaian tradisional dari masing-masing Provinsi ini memiliki suatu sejarah atau cerita tersendiri, pakaian adat nusantara. Jum’at, 20 Desember 2019.

Lanjutnya, nilai-nilai budaya harus tetap di pelajari pemuda sebagai suatu hal yang menjadi perilaku sehari-hari. “Nilai adat dan budaya jangan ditinggalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tukas Ibrahim yang kerap disebut Ibe.

“Sebagaimana yang menjadi pengertian dari budaya adalah nilai- nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkup organisasi, lingkungan masyarakat, yang mengakar pada suatu kebiasaan, kepercayaan (believe), simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang dapat dibedakan satu dan lainnya sebagai acuan prilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi,” tambahnya.

Menurutnya, nilai-nilai budaya yang harus diperjuangkan salah satunya nilai kejujuran, nilai patriotisme, nilai persaingan, nilai harmonis dan kerja sama.

“Adat istiadat ini harus selalu dijaga dan di rawat sebagaimana merawat bangsa Indonesia. karena Adatadalah gagasankebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai budaya, norma, kebiasaan, kelembagaan, danhukum adatyang lazim dilakukan di suatu kelompok,” terang Ibe kepada media di Auditorium Universitas Islam Makassar, Jalan Perintis Kemerdekaan.

Bersama 3 dara manis berbusana adat, Ibe berpesan, semoga generasi muda lebih memahami arti budaya dan adat sehingga dapat menjaga dan menjadi pelanjut warisan nenek moyang bangsa Indonesia agar selalu dilestarikan hingga generasi ke generasi.

Komentar

Rekomendasi

LPBI NU Makassar Bantu Sembako Keluarga Relawan Covid-19

Satlantas Polres Bulukumba Gelar Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas Melalui Radio Swara Panrita Lopi FM

Kapolres Gowa Beri Arahan Buat CASIS Terpilih

Bulukumba Di Jaga Ketat Masuk dan Pergi Wajib Periksa pada Posko Covid-19 di Perbatasan

Pangkogabwilhan I Resmikan Rumah Sakit Covid-19, Ini Fasilitasnya

Bupati Enrekang: Pejabat Sekalipun Harus Patuhi SOP Jika Melintas di Pos Siaga Covid-19

Pakai Aplikasi Zoom, Bupati Enrekang Pimpin Rapat Lintas Perangkat Desa

Dosen Farmasi Unhas Bagi 170 Paket Sembako ke Masyarakat Kurang Mampu

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar