Maksimalkan Layanan ke Pekerja, BPJamsostek Makassar Perpanjang PKS dengan 82 PLKK

Terkini.id, Makassar – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) memperpanjang perjanjian kerja sama dengan sejumlah klinik dan rumah sakit yang menjadi Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK).

Keberadaan PLKK selama ini berperan besar dalam memberikan layanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Karena peserta yang mengalami kecelakaan kerja bisa langsung memanfaatkannya dengan menunjukkan kartu peserta aktif.

Pada Jumat 20 Desember 2019, BPJamsostek melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama 84 PLKK di Four Points Hotel.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar, Dodit Isdiyono mengungkapkan, PLKK membuat peserta yang mengalami musibah kecelakaan kerja dapat merasakaan manfaat JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) melalui layanan PLKK dengan hanya menunjukkan kartu peserta aktif.

Menarik untuk Anda:

“PLKK ini kita hadirkan di tempat-tempat yang menjadi pusat tenaga kerja dan memenuhi standar serta kriteria,” jelas dia.

Kata dia, 84 PLKK tersebut merupakan 90 persen dari total PLKK yang telah diperpanjang PKS-nya untuk tetap melaksanakan layanan untuk pekerja yang mengalami kecelakaan kerja.

“Kita akan terus melakukan kerja sama dengan seluruh pusat pelayanan kesehatan (PPK) tingkat 1, seperti Puskesmas dan klinik untuk dapat segera melayani peserta kami yang mengalami kecelakaan kerja di 16 wilayah kerja cabang Makassar,” ujarnya.

PLKK kata dia, merupakan pintu pertama penanganan kecelakaan kerja.

Peserta yang mengalami kecelakaan kerja akan mendapatkan penanganan pertama sehingga bisa mencegah dampak atau risiko lainnya yang bisa timbul.

Dengan langsung ke PLKK yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, peserta cukup menunjukan kartu kepesertaan, sehingga langsung mendapat layanan, penanganan medis tanpa mengeluarkan biaya sendiri, karena langsung konek dan menjadi tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan.

“Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja memang diharapkan dapat langsung dibawa ke PLKK atau Faskes yang sudah kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Di sisi lain, BPJS Ketenagakerjaan setiap tahunnya mengadakan lomba PLKK secara nasional.

Melalui lomba tersebut diharapkan pihak PLKK bisa memberikan berbagai inovasi baru dalam memberikan layanannya kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Harapan kita melalui lomba dan pemberian award ini dapat memberikan rasa bangga kepada PLKK dan tentunya terus memberikan layanan terbaiknya kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tambahnya.

Kegiatan itu turut dihadiri Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar, Dodit Isdiyono, Asisten Deputi Bidang Keuangan Wilayah Sulawesi Maluku selaku Deputi Direktur Wilayah Sulawesi Maluku, Basuki Wismo dan perwakilan 84 PLKK.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Jelang Sekolah Tatap Muka di Masa Pandemi, Disdik Kupang Siapkan Kajian

Pasien Sembuh Covid-19 Indonesia Tambah 4.361 Orang, Total 454.879

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar