Masjid Kampus UIN Alauddin Makassar Kini Tidak Hanya Sebagai Tempat Sholat

Terkini.id, Gowa – Masjid merupakan rumah tempat ibadah umat islam atau muslim. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kajian – kajian keislaman seperti diskusi,kajian agama ataupun diskusi kajian organisasi, ceramah dan belajar al-Quran.

Dikampus UIN Alauddin Makassar terdapat sebuah masjid yang berdiri di tengah tengah wilayah kampus tersebut. Dimana masjid kampus ini memiliki kedudukan dan peran strategis dalam mengembangkan pemahaman keagmaan mahasiswa. Masjid kampus ini memiliki peran dalam membentuk mahasiswa berintegritas sangat besar. Tidak hanya sebagai tempat shalat, tetapi juga sebagai pusat kegiatan mahasiswa dan pusat pengembangan.

Masjid ini seringkali digunakan oleh mahasiswa sebagai tempat istirahat sebab masjid ini memiliki beberapa pohon di bagian sisi sehingga membuat suasana sejuk. Masjid kampus ini juga memiliki 2 lantai, lantai bawah untuk laki-laki dan bagian lantai 2 untuk perempuan.

Sebagian mahasiswa meggunakan lantai 2 untuk beristirahat sambil duduk menikmati pemandangan dan suasana aktivitas mahasiswa lainnya yang berada di sekitaran kampus. Sambil menunggu azhan, juga sebagi tempat mencari inspirasi ketika mengerjakan tugas kuliahnya, karena pelataran dan halaman masjid ini cukup luas yang memudahkan para mahasiswa untuk mencari inspirasi.

Dan juga seringkali digunakan oleh para mahasiwa ataupun dosen sebagai tempat untuk melaksanakan proses perkuliahan selin di dalam kelas. Karena di setiap Fakultas terkadang ada beberapa jadwal matakuliah yang bersamaan, maka salah satu alternative untuk mengatasi persoalan tersebut dengan cara proses perkuliahan dialihkan kepelataran masjid karena dipelataran masjid sangat memadai untuk melakukan proses belajar mengajar.

” Ketika jam perkuliahan bersamaan atau di pindahkan karena dosennya berkepentingan atau ada urusan mendadak, maka perkuliahan di pindahkan dan jika tidak mendapat ruang kels yang kosong maka akan dilaksanakan di pelataran masjid,” ucap salah seorang Mahasiswa UINAM.

 

Citizen : Hasiah

Berita Terkait
Komentar
Terkini