Mau Pembuluh Darah Anda Sehat Selau? Coba Konsumsi 3 Jenis Makanan Ini

Mau Pembuluh Darah Anda Sehat Selau? Coba Konsumsi 3 Jenis Makanan Ini

SW
R
St. Wahidayani
Redaksi

Tim Redaksi

Terkini.id, Jakarta – Pembuluh darah adalah bagian dari system peredaran darah yang mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh manusia.

Lantas mengapa pembuluh darah harus dijaga tetap sehat?

Sebagaimana diketahui bahwa pembuluh darag bertugas menyalurkan oksigen serta nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh.

Lalu, bagaimana caranya agar pembuluh darah bisa bebas hambatan? Ada beberapa jenis makanan yang jika rutin dikonsumsi bisa membuat pembuluh darah jadi lancar. Dikutip dari Suara.com. Selasa, 17 Oktober 2023.

  1. Telur

Banyak yang takut makan telur karena kadar kolesterol. Tapi, tenang aja. Bonnie Taub-Dix, RD, penulisRead It Before You Eat It: Taking You from Label to Table,menjelaskan bahwa lemak dalam telur mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga dapat membantu mencegah penumpukan plak di dinding pembuluh darah.

Baca Juga

Sebuah penelitian yang dilakukan di Cina dan terbit dalam jurnalHeartmenemukan bahwa asupan telur dalam jumlah moderat (kurang dari satu telur sehari) dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 11 persen lebih rendah dibandingkan dengan tidak pernah memakannya. Jadi, gak perlu ragu untuk makan telur, ya. Asal jangan berlebihan!

Pastikan jenis makanan tadi ada dalam menu harianmu agar pembuluh darahmu selalu lancar dan bebas hambatan, ya.

  1. Makanan yang difermentasi

Jenis makanan seperti kimchi, ataupun minuman fermentasi seperti yogurt dan kombucha ternyata gak hanya baik bagi sistem pencernaan, tapi juga untuk menjaga pembuluh darah berfungsi normal.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa produk fermentasi tadi mampu menurunkan tekanan darah serta kadar kolesteroljahat (LDL).

Seperti diketahui, tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah. Sementara menumpuknya kolesterol jahat bisa menimbulkan plak yang kemudian bikin pembuluh darah jadi tersumbat.

  1. Brokoli

Makanan lain yang perlu sering kamu konsumsi untuk menjaga pembuluh darah lancar, yakni jenis sayurancruciferous,seperti brokoli. Karen Ansel, RD, penulisHealing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger, Live Longer,menjelaskan bahwa terdapat bukti hasil penelitian bahwa brokoli selain bisa mencegah kanker, juga bisa menjaga Kesehatan jantung.

Dalam brokoli terdapat senyawasulforaphaneyang diketahui dapat membantu tubuh menciptakan pertahanan alami terhadap penyumbatan arteri lewat mekanisme pengaktifan jenis protein tertentu. Selain itu, brokoli juga kaya akan serat dan memiliki sifat antiinflamasi, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Dapatkan update berita terkini setiap hari dari Terkini.id. Mari bergabung di Saluran Whatsapp "Terkinidotid", caranya klik link https://whatsapp.com/channel/terkinidotid, kemudian klik ikuti.