Mencari Keadilan, Dengan Hormat AHY Meminta Presiden Jokowi dan Menkumham untuk Turun Tangan ‘Membantu’

Terkini.id, Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres V, yakni Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY, baru-baru ini memohon permintaan “bantuan”.

Adapun permintaan “bantuan” tersebut ia tujukan kepada Presiden Jokowi serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly.

AHY dengan hormat meminta agar keduanya tidak mengesahkan hasil Kongres Luar Biasa Partai Demokrat (KLB PD) yang diselenggarakan di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara, pada hari Jumat, 5 Maret 2021 kemarin. 

Baca Juga: Siti Fadilah Ungkap Masyarakat Selayaknya Sambut Covid Varian Baru: Omicron...

Menurut AHY, KLB PD dilaksanakan secara ilegal dan tanpa mengacu kepada AD/ART partai berwarna biru itu. Salah satu di antaranya, yakni KLB tidak mengantungi dukungan pemilik suara sah.

Hal itu disampaikan oleh AHY tatkala dirinya menggelar keterangan resmi untuk menanggapi pelaksanaan KLB di Deli Serdang, Sumatra Utara, pada hari Jumat kemarin. 

Baca Juga: ‘Colek’ AHY, Politisi Demokrat: Keputusan Fraksi Demokrat Dukung RUU IKN...

“Saya meminta dengan hormat kepada Presiden Joko Widodo, khususnya Menkumham, untuk tidak memberikan pengesahan dan legitimasi kepada KLB ilegal yang jelas melawan hukum,” tegas AHY dalam keterangan resmi yang disiarkan di akun Agus Yudhoyono di YouTube, pada hari Jumat kemarin, 5 Maret 2021, dikutip dari jpnn.

AHY mengatakan bahwa piihaknya akan mengambil langkah hukum terkait adanya KLB PD ini, misalnya akan melaporkan panitia dan “aktor utama” yang menyelenggarakan kongres tersebut.

“Kami berikhtiar dan berjuang untuk mempertahankan kedaulatan sekaligus mencari keadilan,” tutur putra sulung Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY itu.

Baca Juga: ‘Colek’ AHY, Politisi Demokrat: Keputusan Fraksi Demokrat Dukung RUU IKN...

Seperti yang diketahui, Moeldoko telah dipilih untuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB pada hari Jumat kemarin, 5 Maret 2021.

Diketahui bahwa Moeldoko terpilih melalui proses pengambilan suara di dalam KLB PD setelah berhasil mengalahkan pesaingnya, yakni Marzuki Alie, mantan Sekjen Partai Demokrat. 

“Pak Moeldoko ditetapkan menjadi Ketua Umum PD 2021,” terang pimpinan KLB Partai Demokrat, Jhoni Allen Marbun.

Bagikan