Mengajar Sehari, Cara IKA SMAN 5 Makassar Berbagi Ilmu dan Motivasi ke Adik-adiknya

Ketua Umum IKA SMAN 5 Makassar, H Andi Rukman Nurdin Karumpa memberikan kelas motivasi kepada adik-adik SMAN 5 Makassar, Senin 17 Februari 2020

Terkini.id, Makassar – Sudah bukan rahasia lagi bagi alumni yang sudah sukses biasanya akan menjadi teladan dan inspirator bagi adik-adiknya yang masih menimba ilmu di jenjang tingkat SMA Sederajat.

Begitu juga bagi alumni Sekolah Menengah Negeri 5 Makassar yang kini tersebar di berbagai penjuru tanah air bahkan dunia dengan beragam profesi.

Pembukaan kelas motivasi sekaligus pameran karya IKA SMAN 5 Makassar

Profesinya alumni yang mengajar ini pun beragam. Mulai dari Pengusaha, Gubernur, TNI, Polisi, Notaris, wartawan, Wiraswasta, Dosen, MC, dan sebagainya.

Dan pada hari ini, Senin 17 Februari 2020, Ikatan Alumni SMAN 5 Makassar sengaja menggagas sebuah kegiatan yang positif yang tentunya sangat bermanfaat bagi adik-adik pelajar di SMAN 5 Makassar.

Ketua Umum Ikatan Alumni SMAN 5 Makassar, Andi Rukman Nurdin Karumpa (ARN) mengatakan ini adalah bagian dari program kerja Ikatan Alumni SMAN 5 Makassar. Adapun temanya Sehari Tanpa Guru.

IKA SMAN 5 Makassar

“Jadi memang saya meminta supaya kepengurusan ini tidak hanya sekedar pengurus tetapi betul-betul berkontribusi memberikan pemikirannya memberikan kiatnya bagaimana untuk memotivasi daripada adik-adik kita yang masih duduk di SMAN 5 Makassar ini,” ujar ARN jelang pembukaan kelas motivasi sekaligus pameran karya.

Lanjut pengusaha sukses yang pernah jadi penjual pisang ini mengatakan bahwa kita ketahui bersama harapan masa depan bangsa ini ada pada adik-adik.

ARN dan Muda salam komando

Olehnya itu, kata ARN alumni menyadari hal tersebut jika SMA 5 yang bertaburan prestasi di masing-masing bidang maka panitia mengambil langkah cepat untuk bagaimana meninggikan seluruh kekuatan potensi sesuai dengan tagline IKA SMAN 5 peduli dan sinergi.

“Nah ini juga kami jadikan ajang silaturahmi sekaligus memberikan motivasi. Sekitar 37 alumni yang mengisi kelas motivasi dari berbagai profesi. Jadi alumni ini yang menggantikan para guru untuk mengajar. Tapi sifatnya lebih memotivasi sesuai pengalaman dan bidangnya,” urai bos Konyol Ajudan Pribadi ini.

Dikatakan juga jika kelas motivasi ini diprogramkan sekali setahun. Bahkan rencananya jika memungkinkan akan digelar dua hingga tiga kali setahun.

“Jadi kita minta supaya masing-masing alumni dengan background masing-masing supaya memberikan semangat, memberikan spirit sekaligus ilmu bagaimana mereka bisa mencapai sukses. Kita mengajak mereka bagaimana menjaga adab,” jelas Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pusat, untuk Koordinator Wilayah Timur ini.

Kelas motivasi SMAN 5 Makassar

Sementara itu, Ketua OSIS SMAN 5 Makassar, Muh Alif Putra Ghalib mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para alumni dengan bekerjasama Humas SMAN 5 Makassar

“Kami sangat berterima kasih kepada alumni atas waktu dan pikirannya untuk datang berbagi motivasi kepada kami semua, semoga dengan program ini siswa siswi SMAN 5 Makassar semakin berprestasi dan berpikir kritis,” ujar Alif.

Kelas motivasi IKA SMAN 5 Makassar

Alif mengajak kepada seluruh teman-temannya di SMAN 5 Makassar ini agar dapat memperhatikan penyampaian motivasi dari kakak-kakak alumni. Apalagi mereka yang memotivasi ini punya pengalaman di bidangnya masing-masing.

“Semoga kita semua bisa menjadikan pengalaman-pengalaman mereka sebagai tolak ukur untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi SMA Negeri Makassar. Berharap kegiatan ini terus dilakukan,” harap Alif.

Senada dengan Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Makassar, Andi Nurhayari HW. Menurutnya program sekolah yang disinergikan dengan program IKA SMANLI Makassar diharapkan dapat membantu siswa dalam membangun motivasi diri sekaligus membangun karakter.

“Ini sejalan dengan program kami, sehingga sumbangsih para alumni dalam memberikan motivasi. Selain itu juga pembekalan pada adik-adiknya menghadapi Olimpiade Sains

Kelas motivasi dan pameran karya ini dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah yang juga merupakan alumni dari SMAN 5 Makassar.

Komentar

Rekomendasi

SMPN 27 Makassar Sabet Juara di Kejuaraan Futsal Bupati Gowa Cup 2020

Peduli Siswa Kurang Mampu, Forum OSIS Sulsel Luncurkan Program ‘OSIS Care’

Begini Cara STP Khoiru Ummah Makassar Latih Kreativitas Siswa dalam Berwirausaha

Forum OSIS Sulsel Sukses Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMP Se-Makassar

Siswa SMPIT Ibnu Sina Kunjungi Galeri Pelukis Tanah Liat Makassar

Jaga NKRI, Forum OSIS Sulsel Gelar Sosialisasi dan Aksi Gerakan A3

Perkenalkan Beragam Suku di Kalangan Siswa, Sekolah Islam Athirah Gelar Pekan Budaya

Gandeng KAMMI, Forum OSIS Sulsel Gelar Dialog Kebangsaan Peran Pemuda

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar