Menpora Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 di Masa Pandemi

Terkini.id, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali akan menggelar rapat koordinasi dengan pihak Polri, PSSI, PT Liga Indonesia Baru, KONI dan Satgas Penanganan COVID-19.

Rapat yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2021 ini akan membicarakan soal Liga 1 dan Liga 2 .

“Rapat digelar pada Rabu, 10 Februari 2021 mulai pukul 10.00 WIB di Kantor Menpora, Jakarta,” ujar Zainudin kepada Antara di Jakarta, Selasa, 9 Februari 2021

Baca Juga: Jokowi Panggil Menpora, Minta Polemik Sanksi WADA Selesai dalam Waktu...

PSSI dan PT LIB memperkirakan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021 dapat dimulai setelah Lebaran 2021, sekitar bulan Mei atau Juni.

Salah satu agenda rapat ini adalah presentasi dari pihak PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) soal persiapan, pelaksanaan dan pengelolaan kompetisi sepak bola dalam situasi pandemi COVID-19.

Baca Juga: Kawal Aksi Dua Tahun Kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf, Polda Sulsel: Pedomani SOP

Poin penting dari presentasi kompetisi sepak bola ini adalah bagaimana menerapkan protokol kesehatan saat kompetisi dilaksanakan.

Sedangkan dari pihak Polri belum memberikan keterangan yang jelas. Sebelumnya Menpora Zainudin Amali dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menggelar pertemuan di Mabes Polri, Jakarta pada Senin, 8 Februari kemarin.

Dari pertemuan ini, Zainuddin berharap agar Listyo Sigit selaku Kapolri bisa memberikan izin jika kompetisi ini jadi diadakan.

Baca Juga: Kawal Aksi Dua Tahun Kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf, Polda Sulsel: Pedomani SOP

Liga 1, sebelumnya bernama Indonesia Super League adalah liga profesional level teratas dalam sistem liga sepak bola di Indonesia. 18 klub bersaing untuk menjadi juara dengan sistem kompetisi promosi dan degradasi.

Mengutip dari laman resmi PSSI, Liga 1 terdiri dari beberapa kompetisi yakni Liga 1 U-20, EPA Liga 1 U-18, EPA Liga 1 U-16, Liga 1 Putri dan Shopee Liga 1.

Sedangkan, Liga 2 sebelumnya dikenal dengan nama Divisi Utama/Satu Liga Indonesia adalah liga kasta ke-2 dalam Liga Indonesia di bawah Liga 1. Liga 2 mulai bergulir bersamaan dengan dibentuknya Liga 1 pada musim 1994-1995. Dan yang menjadi juara perdana adalah Persikab Bandung.

 

Bagikan