Masuk

Menteri PPPA Berkunjung ke Wajo Dalam Rangka Pencegahan Perkawinan Anak

Komentar

Terkini.id, Wajo – Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Bintang Puspayoga (I Gusti Ayu Bintang Darmawati) akan kunjungan kerja di kabupaten Wajo dalam rangka komitmen pencegahan perkawinan anak.

Hal tersebut diungkap Bupati Wajo Amran mahmud mengatakan bahwa mentri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak berkunjung kesoppeng untuk menindaklanjuti hasi forum grup discussion (FGD) tentang perkawinan anak. 

“Kunjungan Ibu Menteri ke Wajo dalam rangka menindaklanjuti hasil forum group discussion (FGD) terkait komitmen pencegahan perkawinan anak,” kata Bupati Wajo, Amran Mahmud, di Sektretariat Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Wajo,

Baca Juga: Jembatan Pituriase Wajo Segera Rampung, Gubernur Sulsel: Semoga Bisa Dimanfaatkan Warga

Amran Mahmud menjelaskan bahwa untuk agenda kunjungan Menteri PPPA ada empat titik di Bumi Lamaddukelleng yakni 
Sekretariat Puspaga Kabupaten Wajo,Taman Baca , di Ruang Pola Kantor Bupati wajo dan pengembangan persuteraan melalui pemberdayaan perempuan di Desa Pakkanna.

 “Titik pertama di Sekretariat Puspaga Kabupaten Wajo ini. Setelah itu akan menuju ke Taman Baca La Tiringeng To Taba di belakang tribune Lapangan Merdeka,” tuturnya.

lanjut Di Taman Baca nanti, Menteri PPPA akan dsambut tarian dari anak TK dan SD sekaligus diminta perkenaannya untuk meninjau gerobak kuliner binaan organisasi perempuan. Setelah itu, santap siang sambil menyaksikan pertunjukan simfoni kecapi Bugis.

Baca Juga: Bupati Wajo Menjadi Salah Satu Delegasi Indonesia ke UEA

“Titik ketiga yang menjadi inti dari kunjungan ini adalah puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Wajo tahun 2022 yang akan digelar di Ruang Pola Kantor Bupati,” ucap Ketua DPD PAN Wajo ini.

Pada puncak peringatan HAN nanti, Menteri PPPA direncanakan akan berdialog 4 Aktor Kunci Pencegahan Perkawinan Anak (Kepala Desa Perempuan yang berhasil menurunkan Perkawinan Anak, Tokoh Adat yang berpengaruh, Tokoh Ulama yang berpengaruh, Imam Desa), dimana akan  dilanjutkan penandatanganan komitmen dalam pencegahan perkawinan anak 

“dengan 4 aktor tersebut, juga dengan para pemangku kebijakan pencegahan perkawinan anak, yakni Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wajo”

amran berharap kunjungan Menteri PPPA ini akan membawa kesan yang baik sepeninggalnya dari Wajo.

Baca Juga: Pemkab Wajo dan DPRD Wajo Sepakati Ranperda APBD TA 2023

 “Saya harap kerja keras dan sinergitas dari seluruh pihak untuk menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya.