Rizal Ramli Berujar Kalau Jokowi Mengerti Geopolitik Pasti Tidak Akan Dicuekin Oleh Amerika Serikat

Terkini.id, Jakarta – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Rizal Ramli memberikan tanggapannya soal kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Amerika Serikat. Khususnya mengenai pemberitaan bahwa Jokowi dicuekin oleh Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari gelora.co, Minggu 15 Mei 2022, telah beredar video mengenai Jokowi yang sedang dicuekin oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Dalam video tersebut, diketahui Presiden Jokowi sedang melakukan foto bersama dengan para pemimpin negeri Asia Tenggara lainnya ditambah dengan tuan rumah Presiden Joe Biden.

Baca Juga: Rizal Ramli Sebut Gubernur Jateng Tak Mampu Kurangi Kemiskinan, Dedek...

Ketika sesi foto sudah berakhir, Presiden Joe Biden yang berada disamping kanan Jokowi memalingkan badannya, malah langsung bercakap dengan Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah.

Selain itu, tidak hanya Presiden Joe Biden saja yang cuek dengan Jokowi, Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong yang ada di kiri Jokowi juga langsung turun podium bukan menyapa orang nomor satu di Indonesia ini.

Baca Juga: Sindiran Pedas Rizal Ramli: Ada Gubernur Nyopras-Nyopres yang Tidak Mampu...

Rizal Ramli menilai kejadian yang terdapat dalam video tersebut tidak akan terjadi apabila Presiden Jokowi memahami geopolitik dunia.

Rizal Ramli juga menambahkan bahwa jika Indonesia mampu memperjuangkan prinsip non-blok pasti tidak akan mendapatkan perlakuan seperti ini.

“Ngeledek kok gini? Klo Presiden RI canggih dan ngerti geopolitik, mampu perjuangkan prinsip-prinsip non-blok, pasti ndak dicuekin kaya gini,” kata Rizal Ramli lewat akun Twitter pribadinya (@RamliRizal), dikutip dari gelora.co, Minggu 15 Mei 2022. 

Baca Juga: Sindiran Pedas Rizal Ramli: Ada Gubernur Nyopras-Nyopres yang Tidak Mampu...

Lebih lanjut lagi Rizal Ramli menambahkan bahwa kejadian diabaikannya Jokowi dalam kunjungannya ke Negeri Paman Sam tersebut seolah Jokowi dibuat nelangsa dalam pertemuan internasional.

“Kok nelongso,” ujar Rizal Ramli.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi berkunjung ke Amerika Serikat untuk menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Amerika Serikat pada 12-13 Mei 2022.

Bagikan