Meski Tak Diizinkan di Sirkuit Formula E, Kapolda Metro Jaya Tetap Menggelar Street Race

Terkini.id, Jakarta – Meski tidak diizinkan di Sirkuit Formula E, Kapolda Metro Jaya tetap akan menggelar street race dengan memanfaatkan lokasi yang ada, Minggu 26 Juni 2022.

Diketahui bahwa keinginan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk mengadakan street race atau balap motor jalanan pada sirkuit Formula E batal karena tidak diizinkan oleh Panitia Formula E.

Sedangkan Irjen Fadil Imran mempunyai sejumlah alasan rencana mengadakan acara itu di sirkuit Formula E.

Baca Juga: Ditanya Soal Ferdy Sambo, Kapolda Metro Jaya Bungkam: Jangan Tanya...

Fadil mengucapkan bahwa tujuannya untuk meminjam sirkuit Formula E yaitu agar acara balapan motor jalanan dapat secara rutin dilakukan. Maka hal tersebut bisa mewadahi hobi buat penggemar motor balap.

“Kami berencana menggelar street race secara kontinu dan berkelanjutan sehingga bisa menjadi wadah bagi para pembalap liar untuk bisa menuangkan hobi mereka,” sebut Fadil ketika membuka Meikarta Street Race pada Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu 18 Juni 2022 seperti yang dilansir dari Antara yang dilihat dari detiknews.

Baca Juga: Walau Dituduh Terima Suap dari Irjen Ferdy Sambo, Irjen Fadil...

Fadil mengucapkan bahwa sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, adalah lokasi yang lebih nyaman buat pembalap. Sebab itu lah, Ia mau mengadakan street race pada sirkuit Formula E.

“Di BSD ada lokasi, di Bekasi ada Meikarta, di Jakarta ada Ancol. Mudah-mudahan nanti mimpi saya yang di Ancol, yang kemarin Formula E bisa juga dipakai untuk street race,” ungkapnya.

Akan tetapi, harapan Irjen Fadil Imran tercegah oleh penilaian dari FIA. Panitia dari Formula E mengutarakan kemungkinan tidak memberi izin sirkuit itu buat dipakai ketika street race yang dimaksud adalah balapan motor atau roda dua.

Baca Juga: Walau Dituduh Terima Suap dari Irjen Ferdy Sambo, Irjen Fadil...

“Untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat,” imbuhnya Ketua Pelaksana Formula E Sahroni pada Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 24 Juni 2022.

Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) tersebut memaparkan sirkuit Formula E hanya diperuntukan buat balapan kendaraan roda empat. Hal tersebut mengacu pada regulasi otomotif dunia atau FIA. Walau begitu, Ia tetap mengapresiasi kemauan Irjen Fadil untuk mengakomodir hobi masyarakat itu.

“Sebenarnya kita appreciate juga terhadap kapolda yang ingin juga memberikan kesempatan kepada roda dua. Tapi ini ada regulasi dari homologasi FIA, ada grade 3, yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi kita tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut,” paparnya.

Irjen Fadil Imran juga buka suara setelah dilarang. Ia menekankan bahwa pihaknya bakal mematuhi penilaian dan juga regulasi dari FIA tersebut.

“Polda Metro Jaya tunduk kepada regulasi FIA,” ujar Fadil kepada wartawan, Sabtu 25 Juni 2022.

Meski tidak diizinkan pada sirkuit Formula E, Irjen Fadil tidak putus asa untuk memfasilitasi hobi anak muda tersebut dalam adu kecepatan untuk memacu sepeda motor. Dirinya juga berencana bakal mengadakan acara balapan tersebut pada lokasi yang sudah ada buat gelaran street race.

“Kami manfaatkan lokasi yang ada saja, BSD dan Meikarta. Yang terpenting adalah ekosistem ini berguna untuk generasi muda yang hobby kecepatan, agar energi besarnya tersalurkan. UMKM dan seniman bisa ambil bagian,” terangnya.

Bagikan